Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Game (RPG)

Main Author: Wistara, Sandhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173904/1/Sandhi%20Wistara.pdf
http://repository.ub.ac.id/173904/
Daftar Isi:
  • Role Playing Video Game adalah game dimana pengguna diberikan peran dalam dunia yang dibangun. Pada game tipe ini menyediakan pemain dengan berbagai macam kekuatan yang terkadang memakan input lebih. Game tipe ini lebih banyak dikenal pada komputer. Meskipun beberapa game jenis ini dikembangkan pada perangkat konsol tetapi pengembang mengurangi beberapa fungsi yang ada. Hal ini dikarenakan input yang dimiliki keyboard komputer lebih banyak daripada Joypad yang biasa digunakan pada konsol. Untuk menangani kekurangan ini pada perangkat konsol atau seseorang yang lebih terbiasa menggunakan Joypad maka digabungkan sebuah input tambahan yang dapat digunakan bersamaan dengan joypad. Pada konsol jenis X-box memiliki perangkat bernama kinect. Kinect dikembangkan untuk menangkap gerakan pada pengguna. Perangkat ini adalah satu dari berbagai macam jenis Natural User Interface. Natural user interface (NUI) adalah sebuah salah satu jenis tatap muka pengguna yang dimanipulasi secara alami. Contoh dari NUI adalah layar sentuh, mouse, dan manipulasi dimana pengguna menggunakannya tanpa perlu latihan khusus. Penelitian konsep Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Video Game (RPG) dimulai dengan meneliti bagaimana konsep menerapkan Natural User Interface pada kinect. Konsep dikembangkan dengan meneliti berbagai jenis data yang kinect berikan dan bagaimana data diubah menjadi input. Kinect membaca posisi dari setiap anggota badan, bentuk tangan yaitu lasso, close, open dan unknown. Dari posisi tersebut kinect membuat bentuk rangka dari pengguna yang saat itu memasuki kamera dari kinect. Input berhasil dikembangkan menjadi delapan input. Hal yang digunakan adalah jarak antar tangan untuk mengatur antara kondisi input atau tidak. Kondisi tangan lasso digunakan sebagai pusat dari input. Dari lasso dihitung jarak X dan Y untuk menentukan input mana yang dieksekusi.