Evaluasi Usability Menggunakan Metode Think Aloud dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Mobile Padiciti

Main Author: Pratama, Muhammad Iqbal Farras
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173891/1/M.%20Iqbal%20Farras%20Pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/173891/
Daftar Isi:
  • Aplikasi mobile Padiciti merupakan salah satu aplikasi m-ticketing yang dirilis pada tahun 2013 yang saat ini memiliki lebih dari 100.000 pengguna pada Google Playstore. Dari observasi awal yang dilakukan pada Google Playstore terdapat ketidakpuasan pengguna seperti rating rendah dan komentar ketidakpuasan terkait permasalahan saat menggunakan aplikasi mobile Padiciti. Masalah tersebut terkait dengan usability. Diperlukan evaluasi, salah satunya adalah dengan menggunakan metode think aloud (pengguna) serta ditunjang dan diperkuat dengan perspektif ahli usability dengan menggunakan metode heuristic evaluation. Evaluasi dengan menggunakan think aloud menggunakan 10 responden yang terkriteriakan, sedangkan heuristic evaluation menggunakan 4 ahli yang terkriteriakan. Hasil dari think aloud didapatkan 145 permasalahan yang dapat dikelompokkan lagi menjadi 35 permasalahan karena terdapat permasalahan yang sama. Sebanyak 3 dari 12 task scenario gagal dijalankan oleh pengguna karena fitur tidak dapat berjalan dan terdapat 2 pengguna yang gagal menjalankan task scenario 6 karena terjadi force close. Sedangkan evaluasi dengan menggunakan heuristic evaluation didapatkan 64 permasalahan yang dapat dikelompokkan lagi menjadi 30 permasalahan karena terdapat permasalahan yang sama. Dari pengelompokan permasalahan yang didapatkan dari think aloud dan heuristic evaluation berjumlah 40 masalah. Terdiri dari 25 permasalahan yang sama ditemukan oleh pengguna dan ahli, 10 permasalahan yang ditemukan pengguna saja dan 5 permasalahan yang ditemukan oleh ahli saja. Permasalahan yang memiliki nilai severity rating 4 berjumlah 3 permasalahan, nilai severity rating 3 berjumlah 11 permasalahan, nilai severity rating 2 berjumlah 17 permasalahan dan nilai severity rating 1 berjumlah 9 permasalahan. Permasalahan tersebut dikategorikan menjadi 3 kategori yaitu sisi fungsional, sisi tampilan dan sisi informasi. Pada sisi fungsional terdapat 16 permasalahan, pada sisi tampilan terdapat 11 permasalahan dan pada sisi informasi terdapat 13 permasalahan.