Pengaruh Persepsi Tata Letak Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kenyamanan Pengunjung Wisata Kampung Coklat Kademangan Blitar
Main Author: | Hidayah, Zuliani Rofi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173841/ |
Daftar Isi:
- Wisata Kampung Coklat Kademangan Blitar merupakan tempat wisata dengan menggabungkan wisata edukasi dan kuliner. Letak wisata yang berada di kabupaten Blitar dan letaknya yang tentu tidak jauh dengan pusat kota, menjadikan wisata ini sebagai icon wisata baru. Namun, lokasi yang strategis pada tempat wisata ini, masih terdapat tata letak fasilitas wisata yang kurang baik, fasilitas tempat parkir yang masih berada dihalaman-halaman warga, akses jalan yang sempit disekitar tempat wisata yang terkadang mengakibatkan kemacetan jika banyak wisatawan yang berkunjung, dan penjual kaki lima dipinggir jalan disekitar tempat wisata yang dapat mengakibatkan kemacetan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tata letak fasilitas pada Wisata Kampung Coklat Kademangan terhadap kenyamanan pengunjung.Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu bertujuan membuat gambaran mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat suatu populasi atau daerah tertentu secara sistematik, faktual, dan teliti. Data yang diperoleh nantinya akan diteliti dengan metode kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel. Hasil analisis dapat diketahui bahwa tata letak fasilitas dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kenyamanan Wisatawan Edukasi Kampung Coklat. Adanya pengaruh yang signifikan dapat diartikan bahwa dengan semakin baiknyatata letak fasilitas konsumen maka kenyamananWisatawan Edukasi Kampung Coklat akan mengalami peningkatan.Tata letak fasilitas harus dirancang untuk memungkinkan perpindahan yang ekonomis dari orang-orang dan bahanbahan dalam berbagai proses dan operasi perusahaan. Jarak angkut hendaknya sependek mungkin dan pengambilan sertapeletakkan produk-produk dan peralatan-peralatan diminimumkan.Dalam persaingan bisnis sekarang ini, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang paling penting bagi perusahaan untuk strategi diferensiasi ketika mereka menjual produk atau jasa yang sama. Kualitas layanan yang dapat memuaskan konsumen akan berdampak terjadinya pembelian berulang-ulang yang berarti akan terjadi peningkatan penjualan. Saran untuk penelitian ini adalah Pihak pengelola harus lebih memperhatikan fasilitas yang dimiliki terkait dengan wahana dalam berwisata edukasi (pendidikan) tentang pengolahan produk coklat. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat wahana yang lebih inovatif sehingga selain dapat lebih menarik pengunjung juga memberikan dukungan dalam proses pembelajaran yang diberikan pada wahana tersebut.Diharapkan pihak pengelola benar-benar memberikan pemahaman kepada pengunjung atas keberadaan wisata tersebut sehingga upaya untuk mendapatkan pengetahuan atau edukasi mengenai tanaman dan produk yang berbahan coklat dapat diberikan kepada pengunjung.