Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang)
Main Author: | Bratawidjaja, Farizan Farhan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173809/ |
ctrlnum |
173809 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/173809/</relation><title>Analisis Pengaruh Brand
Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang)</title><creator>Bratawidjaja, Farizan Farhan</creator><subject>658.827 Use of brands and trademarks</subject><description>Kota Malang memberikan peluang pasar yang baik namun juga memiliki
tingkat persaingan yang tinggi. Hal tersebut perlu disikapi dengan bijak pleh
pebisnis agar usahanya dapat bertahan dalam persaingan. Merek merupakan elemen
penting dalam suatu usaha, baik jasa maupun produk. Merek dengan ekuitas merek
yang baik tentunya akan memiliki integritas di mata konsumen. Ekuitas merek yang
tinggi dinilai dari empat faktor utama yaitu adanya kesadaran merek (brand
awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas oleh konsumen
(perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyality) yang kuat (Aaker dan
Joachimsthaler dalam Tjiptono, 2005). Faktor-faktor tersebut menjadi perhatian
utama bagi Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya untuk dapat memimpin persaingan
makanan ringan terutama kue lumpur di Kota Malang karena suatu perusahaan yang
memiliki ekuitas merek yang tinggi tentu akan menjadi pilihan utama konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh variabel ekuitas merek
terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya Malang dan (2) menganalisis variabel ekuitas merek paling dominan
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya Malang.
Variabel ekuitas merek memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan
pembelian. Secara parsial, kesadaran merek dan asosiasi merek memiliki pengaruh
positif dan mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian kue
lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. Namun persepsi kualitas dan loyalitas
merek belum memberikan pengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian kue lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya.
Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel asosiasi merek merupakan
variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya. Items yang ada pada variabel tersebut adalah tampilan
yang menggugah selera, varian rasa yang banyak, volume atau isi yang cenderung
besar, logo atau simbol yang mudah diingat sampai harga yang cukup terjangkau.
Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya harus senantiasa setidaknya
mempertahankan hal-hal tersebut.Variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek
yang belum mendapatkan hasil positif karena menurut konsumen, kualitas kue
lumpur di manapun masih sama mulai dari rasa yang sama-sama enak, sehingga
proses pembuatan yang dianggap sama oleh konsumen dan Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya belum menjadi pilihan camilan utama, karena belum puas dengan
keunikan yang diberikan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, sehingga bisa
meninggalkan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya apabila terjadi kenaikan harga dan
belum mempunyai keinginan lebih untuk merekomendasikan Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya kepada kerabat. Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya
harus senantiasa mengembangkan dan menjaga kualitas produksi serta terus
berinovasi agar lebih menarik minat beli masyarakat.</description><date>2019-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Bratawidjaja, Farizan Farhan (2019) Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2019/624/051907398</relation><recordID>173809</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Bratawidjaja, Farizan Farhan |
title |
Analisis Pengaruh Brand
Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang) |
publishDate |
2019 |
topic |
658.827 Use of brands and trademarks |
url |
http://repository.ub.ac.id/173809/ |
contents |
Kota Malang memberikan peluang pasar yang baik namun juga memiliki
tingkat persaingan yang tinggi. Hal tersebut perlu disikapi dengan bijak pleh
pebisnis agar usahanya dapat bertahan dalam persaingan. Merek merupakan elemen
penting dalam suatu usaha, baik jasa maupun produk. Merek dengan ekuitas merek
yang baik tentunya akan memiliki integritas di mata konsumen. Ekuitas merek yang
tinggi dinilai dari empat faktor utama yaitu adanya kesadaran merek (brand
awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas oleh konsumen
(perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyality) yang kuat (Aaker dan
Joachimsthaler dalam Tjiptono, 2005). Faktor-faktor tersebut menjadi perhatian
utama bagi Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya untuk dapat memimpin persaingan
makanan ringan terutama kue lumpur di Kota Malang karena suatu perusahaan yang
memiliki ekuitas merek yang tinggi tentu akan menjadi pilihan utama konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh variabel ekuitas merek
terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya Malang dan (2) menganalisis variabel ekuitas merek paling dominan
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya Malang.
Variabel ekuitas merek memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan
pembelian. Secara parsial, kesadaran merek dan asosiasi merek memiliki pengaruh
positif dan mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian kue
lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. Namun persepsi kualitas dan loyalitas
merek belum memberikan pengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian kue lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya.
Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel asosiasi merek merupakan
variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kue
Lumpur Muda-Mudi Jaya. Items yang ada pada variabel tersebut adalah tampilan
yang menggugah selera, varian rasa yang banyak, volume atau isi yang cenderung
besar, logo atau simbol yang mudah diingat sampai harga yang cukup terjangkau.
Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya harus senantiasa setidaknya
mempertahankan hal-hal tersebut.Variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek
yang belum mendapatkan hasil positif karena menurut konsumen, kualitas kue
lumpur di manapun masih sama mulai dari rasa yang sama-sama enak, sehingga
proses pembuatan yang dianggap sama oleh konsumen dan Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya belum menjadi pilihan camilan utama, karena belum puas dengan
keunikan yang diberikan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, sehingga bisa
meninggalkan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya apabila terjadi kenaikan harga dan
belum mempunyai keinginan lebih untuk merekomendasikan Kue Lumpur Muda-
Mudi Jaya kepada kerabat. Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya
harus senantiasa mengembangkan dan menjaga kualitas produksi serta terus
berinovasi agar lebih menarik minat beli masyarakat. |
id |
IOS4666.173809 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:57:25Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:57:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454089522184192 |
score |
17.538404 |