Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Produk Cokelat Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur)

Main Author: Prasetyo, Muhammad Iqbal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173737/
Daftar Isi:
  • Perilaku konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena keputusan konsumen memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam menentukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Beberapa hal dapat membuat suatu produk tetap bertahan dan bersaing selama bertahun-tahun di pasar, salah satunya adalah brand image (citra merek) yang positif dari suatu produk. Brand merupakan salah satu asset bagi perusahaan, karena brand menyebabkan suatu dampak terhadap persepsi konsumen dan memengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Citra merek yang positif dapat menimbulkan kesan yang positif terhadap produk dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. (2) Menganalisis pengaruh variabel strength, uniqueness dan favorable terhadap keputusan pembelian. (3) Menganalisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabelvariabel citra merek yaitu strength, uniqueness dan favorable terhadap keputusan pembelian adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli cokelat selama kurun waktu 6 bulan terakhir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden dengan metode penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil dari penelitian antara lain: (1) citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 74,137 memiliki nilai yang lebih besar dari F tabel = 3,11 pada taraf signifikansi 0,05. (2) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel strength, uniqueness dan favorable secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian model regresi untuk masing-masing variabel menunjukkan nilai t hitung variabel (strength = 5,042), (uniqueness = 2,177) dan (favorable = 2,668) memiliki nilai yang lebih besar dari t tabel = 1,99 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel strength, uniqueness dan favorable berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk cokelat. (3) atribut produk cokelat yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk cokelat adalah harga, kualitas, daya tahan, variasi produk dan nama merek. Sedangkan atribut yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah atribut pelayanan dan kemasan produk