Tingkat Kepuasan dan Faktor yang Menumbuhkan Loyalitas Petani terhadap Produk Benih Jagung Pakan di Desa Bendo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri
Main Author: | Pangestu, Theo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173689/ |
Daftar Isi:
- Neraca dagang produk makanan hewani terutama ayam di indonesia selalu mengalami defisit dalam lima tahun terakhir. Permintaan dari konsumsi ayam dalam negeri tidak diimbangin dengan produksi yang mencukupi. Kualitas pakan ayam merupakan salah satu penyebab produksi dari daging ayam tidak optimal. Jagung merupakan sumber energi utama bahan pakan ayam dengan segala nutrisi yang dikandungnya. Tuntutan untuk meningkatkan produksi jagung pakan membuat pasar benih jagung pakan menjadi pasar yang potensial bagi produsen benih. Desa Bendo sebagai salah satu daerah sentra produksi jagung pakan memiliki fenomena yang menunjukkan adanya dominasi besar dari salah satu merek benih jagung pakan yaitu Bisi-18. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini ialah, (1) Menganalisis kesesuaian tingkat kinerja terhadap tingkat kepentingan petani pada atribut benih jagung pakan di Desa Bendo, (2) Mengidentifikasi tingkat kepuasan petani di Desa Bendo (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menumbuhkan loyalitas petani jagung pakan terhadap produk benih jagung pakan Bisi-18 di Desa Bendo, dan (4) Menganalisis peran tingkat kepuasan sebagai variabel dalam menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan di Desa Bendo. Penelitian dilakukan kepada 69 petani sebagai sampel dari populasi petani jagung pakan di Desa Bendo. Metode analisis yang digunakan antara lain ialah (1) Importance Performance Analysis (IPA), (2) Customer Satisfaction Index (CSI), dan (3) Principal Component Analysis (PCA). Keseluruhan analisis dilakukan dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2016 dan SPSS versi 25. Hasil dari analisis IPA dan CSI menunjukkan secara umum bahwa petani jagung pakan di Desa Bendo sangat puas dengan produk benih jagung pakan Bisi-18, (CSI: 77,26%). Terdapat 4 atribut yang perlu diperbaiki, yakni : produktivitas, daya tumbuh, ketahanan hama penyakit, dan umur panen. Melalui analisis PCA, terbentuk 4 faktor yang menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan Bisi-18 yaitu faktor asset usahatani, faktor adopsi inovasi, faktor citra merek, dan faktor karakteristik petani. Melalui analisis ini juga diketahui bahwa kepuasan tidak menjadi faktor yang paling dominan dalam menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan di Desa Bendo.