Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi di Amstirdam Coffee Malang: Theory of Planned Behavior, Promosi, dan Electronic Word of Mouth dalam Instagram

Main Author: Manogi, Natalia Cinthya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173575/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan sudah semakin maju di era globalisasi sangat berdampak langsung bagi masyarakat terutama dikalangan pemuda. Hal ini membuat para pelaku bisnis mulai memperkenalkan produk nya melalui media sosial khussunya Instagram. Dalam melakukan transaksi di Instagram, pelaku bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli. Begitu pula halnya dengan bisnis kopi yang dilakukan oleh Amstirdam Coffee, pihak Amstirdam Coffee melakukan promosi terhadap produk nya melalui Instagram agar menarik lebih banyak konsumen sehingga bisnis nya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Theory of Planned Behavior terhadap Keputusan Pembelian, serta pengaruh dari variabel Promosi dan Electronic Word of Mouth sebagai variabel yang mendukung atau memperkuat Niat Beli dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Responden pada penelitian ini adalah konsumen Amstirdam Coffee Malang yang mengikuti media sosial Amstirdam Coffee dan pernah melakukan pembelian produk Amstirdam Coffee. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Theory of Planned Behavior memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan p value sebesar <0,001 yaitu <0,05. Pada variabel Theory of Planned Behavior, variabel yang memberikan kontribusi paling besar adalah variabel Sikap terhadap Niat Beli. Nilai r-square pada variabel Niat Beli adalah 63,4%. Hasil r-square dikatakan tinggi karena Niat Beli memiliki tiga variabel pendukung yaitu Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku yang memiliki nilai kontribusi cukup tinggi. Pada variabel moderasi Promosi dan Electronic Word of Mouth saat dihubungkan dengan variabel Niat Beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai p value sebesar <0,001 yaitu <0,05. Variabel moderasi ini dikatakan sebagai variabel moderasi semu yaitu berfungsi sebagai variabel penjelas dan memperkuat pengaruh Niat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Nilai r-square pada variabel moderasi Promosi, Electrronic Word of Mouth dengan Niat Beli terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 48,4%. Nilai r-square mengalami penurunan dikarenakan variabel promosi dan electronic word of mouth tidak terlalu berperan besar dalam berkontribusi terhadap niat beli. Pengaruh promosi dan electronic word of mouth dikatakan tidak besar dikarenakan pada keadaan lapang, Amstirdam Coffee tidak memiliki promosi dengan berbagai macam jenis sehingga konsumen jarang melihat promosi sebagai alasan untuk membeli. Karena pada dasarnya konsumen sudah memiliki niat untuk membeli dengan ada atau tidaknya promosi. Pada variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang tidak kuat karena pada keadaan lapang, kebanyakan konsumen Amstirdam Coffee mengetahui produk Amstirdam Coffee melalui lingkungan atau teman terdekatnya.