Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Es Kopi Susu Creamy di “pesenkopi.”, Kota Malang
Main Author: | Napitupulu, Merzika Leanro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173481/ |
Daftar Isi:
- Tiap kedai kopi berlomba-lomba untuk dapat menciptakan adanya keunggulan untuk mendorong produknya untuk dapat bertahan dan juga dengan keadaan semakin meningkatnya permintaan dan konsumsi dari kopi olahan. Untuk dapat bertahan dan berkembang, pengelola bisnis kedai kopi dituntut untuk mampu menciptakan keunggulan bersaing atas produk, pelayanan, dan harga. Proses pengambilan keputusan pembelian pada setiap orang pada dasarnya adalah sama, yang membedakan adalah dalam proses pengambilan keputusan tersebut diwarnai oleh ciri kepribadian, usia, pendapatan, dan gaya hidup. Salah satu kedai kopi di Kota Malang yang menghadapi persaingan tersebut adalah “pesenkopi.” yaitu pada salah satu produknya Es Kopi Susu Creamy. Produk Es Kopi Susu Creamy merupakan salah satu produk yang biasanya terdapat dalam daftar menu yang ada pada kedai kopi. Hal tersebut yang mendorong “pesenkopi.” untuk melakukan evaluasi terhadap produk Es Kopi Susu Creamy sehingga produk tersebut mampu bersaing dengan produk yang sama pada kedai kopi lain dan menjadi salah satu produk keunggulan dari “pesenkopi.”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeskripsikan indikator-indikator yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian Es Kopi Susu Creamy di “pesenkopi.” dan (2)Menganalisis variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian Es Kopi Susu Creamy di “pesenkopi.”. Penelitian ini membahas tentang pengaruh variabel bebas yaitu produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian dan variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Es Kopi Susu Creamy yang dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta analisis regresi linear berganda. Analisis regresi berganda yang dilakukan dengan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian. Variabel bebas yakni mencakup produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4). Penelitian ini dilakukan di “pesenkopi.” dijalan Mayjend Panjaitan No.191 dan yang berada dijalan Watugong No. 22 Malang dengan metode penentuan populasi yaitu accidental sampling dan sampel sebanyak 75 responden yang diteliti. Jumlah seluruh responden tersebut sudah cukup untuk mewakili gambaran perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian Es Kopi Susu Creamy. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat empat variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji t dapat disimpulkan bahwa keempat variabel independent tersebut yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05 dengan masing-masing nilai signifikan t variabel produk (X1) sebesar 0,014, variabel harga (X2) sebesar 0,034, variabel promosi (X3) sebesar 0,040 dan variabel tempat (X4) sebesar 0,033. Variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Es Kopi Susu Creamy “pesenkopi.” adalah variabel produk dengan nilai t hitung 2,519 dan koefisien beta yang paling besar dengan nilai 0,302.