Perubahan Kekuatan Tanah Lunak Akibat Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Pola Segi empat dengan Variasi Jarak
Main Author: | Alif, Faisal Abda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173438/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dari pembangunan nasional. Infrastruktur jalan sekarang nampaknya mulai tak dapat menampung volume kendaraan yang kian meningkat, termasuk beberapa titik di Jawa Timur. Salah satunya yaitu ruas tol Surabaya-Batu yang saat ini tengah dilakukan pembangunan jalan tol yang menghubungkan antara daerah gempol dengan kota Pasuruan tepatnya di desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa timur. Pembangunan ini dilakukan dengan kondisi tanah di daerah tersebut yaitu tanah lempung lunak, sehingga berpotensi mengalami penurunan akibat konsolidasi. Untuk penanganan permasalahan tersebut, diperlukan pengetahuan tentang perbaikan tanah lunak. Salah satu metode yang sering digunakan pada saat ini untuk mengatasi konsolidasi tanah lunak adalah perbaikan tanah dengan beban awal (preloading) yang dikombinasikan dengan drainase vertikal (vertical drain) pola persegi dengan timbunan yang akan diberikan yaitu secara bertahap dengan skala laboratorium. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Arianto, Tjatur (2010) melakukan penelitian tentang studi kuat geser tanah lunak dengan menggunakan alat geser sudu lapangan dan alat geser sudu laboratorium dengan tujuan untuk mengetahui cara penggunaan alat dan mengetahui perbandingan alat yang digunakan Adapun penelitian terdahulu yang dilakukan oleh saudari Saraswati, Fanny Ika (2018) melakukan penelitian tentang perencanaan perbaikan tanah lunak pada pembangunan Summarecon Bandung Area Mall menggunakan metode preload kombinasi PVD dan PHD. Metode yang digunakan adalah membandingkan waktu konsolidasi tanah sebelum dan sesudah menggunakan preload kombiasi PVD dan PHD dengan mengukur waktu yang dibutuhkan untuk mencapai konsolidasi 90%, efektivitas pola pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD), dan daya dukung tiang pancang. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana karakteristik tanah lunak yang dijumpai pada Jalan Tol Gempol – Pasuruan berdasarkan sifat fisik dan mekaniknya, berapa besar penurunan pada tanah yang diteliti dengan metode preloading yang dikombinasikan dengan PVD, dan berapa besar kenaikan kuat geser tanah berdasarkan uji Vane Shear. Hasil dari penelitian ini ialah terkumpulnya data tentang karakteristik tanah yang berada di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, dari data pengujian SPT yang telah dilakukan, didapatkan hasil ialah tanah didaerah tersebut dapat diklasifikasikan sebagai tanah lunak dengan tebal lapisan 15,5 m. Lalu ditinjuau dari kuat gesernya dengan uji Vane Shear. Adapun hasil dari uji konsolidasi ialah dengan semakin dekat jarak antar PVD maka akan menaikkan nilai koefisien kompresi yang akan menyebabkan kenaikan penurunan. Dimana penurunan terbesar terjadi pada jarak 12 cm sebesar 159,375 %. Sedangkan hasil dari Uji Vane Shear dapat diketahui bahwa semakin dekat jarak antar PVD maka semakin besar kuat geser tanah yang dihasilkan. Dimana perubahan kenaikan kuat geser terbesar terjadi pada PVD jarak 12 cm sebesar 343,210 %.