Pengontrolan Suhu Mesin Mobil Dengan Menggunakan Kotroler PID

Main Author: Sarasetyo, Mahfudhi Imanuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1734/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://repository.ub.ac.id/1734/
Daftar Isi:
  • Salah satu masalah yang sering ditemui pada mobil adalah Overheat atau panas berlebih, terutama pada mobil yang sudah berumur. Gejala ini sering dialami Karena sitem pendinginan yang kurang maksimal. Sistem pendigin sendiri dibagi menjadi 2 yaitu sistem pendingin air (Water Cooling System) dan sistem pendingin udara (Air Cooling System). Water Cooling System menggunakan air sebagai media pendingin sedangkan Air Cooling System menggunakan udara sebagai media pendinginnya. Water Cooling System telah diaplikasikan pada semua mobil baik produksi lama maupun baru. Sedangkan mobil produksi tahun lama kebanyakan tidak dilengkapi dengan Air Cooling System. Untuk menjaga suhu kerja mesin mobil tetap pada suhu optimal pada berbagai macam kondisi maka diperlukan Air Cooling System. Air Cooling System ini berupa pemasangan Electric Fan, Electric Fan ini akan mengalirkan udara ke radiator mesin mobil guna menjaga suhu optimal mesin pada kisaran 86°C. Penggunaan electric fan ini akan dipadu dengan kontroler PID metode Ziegler- Nichols agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menggunakan kontroler PID, sistem akan menghasilkan error steady state yang kecil dan akan mendapatkan settling time yang cepat. Proses perancangan kontroler PID dengan menggunakan metode Ziegler-Nichols didapatkan parameter PID dengan nilai parameter Kp = 0.51, Ki = 0.002, dan Kd = 24.99. Dari hasil pengujian kontroler PID didapatkan settling time sebesar 520 detik dan recovery time sebesar 118 detik.