Perilaku Konsumen Terhadap Belanja Bahan Makanan Online (Studi Kasus Online Shop Keranjang Sayur Malang)

Main Author: Sutarsih, Laila Istighfaroh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173283/1/Laila%20Istighfaroh%20Sutarsih%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/173283/
Daftar Isi:
  • Pesatnya perkembangan e-commerce telah mendorong munculnya jenis usaha baru yaitu startup di bidang penjualan bahan makanan. Meskipun di Indonesia terjadi peningkatan pembelian bahan makanan sebesar 15%, adopsi konsumen dalam berbelanja bahan makanan online masih relatif rendah dibandingkan dengan berbelanja di ritel konvensional. Sehingga dipastikan ada beberapa hal yang menjadi motivasi atau pengaruh konsumen untuk melakukan belanja bahan makanan online. Informasi ini sangat penting bagi Online Shop Keranjang Sayur maupun startup-startup baru dalam menyusun strategi pemasaran dengan mengetahui perilaku konsumen dalam belanja bahan makanan online. Penelitian ini dilakukan di salah satu startup bahan makanan di Kota Malang yaitu Online Shop Keranjang Sayur. Penentukan jumlah responden menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner online dan offline dari 49 responden konsumen Online Shop Keranjang Sayur. Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini. Structural Equation Modelling-Parsial Least Square (SEMPLS) digunakan sebagai instrumen analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan program WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, dan persepsi kendali perilaku berpengaruh positif dalam niat belanja bahan makanan online. Berdasarkan ketiga variabel tersebut, persepsi kendali perilaku memiliki pengaruh paling besar terhadap niat berbelanja bahan makanan online, diikuti oleh norma subjektif dan sikap. Niat juga memiliki pengaruh positif terhadap perilaku belanja bahan makanan online. Persepsi kendali perilaku juga memiliki pengaruh terbesar terhadap perilaku belanja bahan makanan online. Ini menyiratkan bahwa persepsi kendali perilaku merupakan faktor penting dalam meningkatkan perilaku konsumen dalam belanja bahan makanan online. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada pihak Online Shop Keranjang Sayur untuk menambah pilihan variasi bahan makanan sehingga konsumen lebih tertarik dan mudah dalam mendapatkan bahan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, pihak Online Shop Keranjang Sayur juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mempertahankan kepercayaan konsumen.