Faktor-Faktor Customer relationship marketing yang Membentuk Loyalitas Pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri
Main Author: | Ifanovic, Fachreza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173272/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan sektor pertanian melalui sub sektor agroindustri yang dapat diartikan sebagai semua kegiatan industri yang terkait erat dengan kegiatan pertanian yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang, dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut. Dalam kerangka pembangunan pertanian, agroindustri merupakan penggerak utama perkembangan sektor pertanian, terlebih dalam masa yang akan datang posisi pertanian merupakan sektor andalan dalam pembangunan nasional sehingga peranan agroindustri akan semakin besar. Dengan kata lain, dalam upaya mewujudkan sektor pertanian yang tangguh, maju dan efisien sehingga mampu menjadi leading sector dalam pembangunan nasional, harus ditunjang melalui pengembangan agroindustri, menuju agroindustri yang tangguh, maju serta efisien dan efektif. Agroindustri nantinya diharapkan sebagai penengah ketika dunia pertanian menjadi kurang diminati sementara industrialisasi dari segala sektor sedang sangat digalakkan. Jadi agroindustri diharapkan akan mengembalikan masa kejayaan pertanian Indonesia yang memang terkenal akan agrarisnya. Saat ini banyak agroindustri yang bergerak untuk memproduksi olahan produk makanan dari komoditas pertanian menjadi makanan yang memiliki cita rasa tinggi. Salah satu daerah yang menjadi basis industri pertanian di daerah Jawa Timur adalah Kota Batu yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Hampir sebagian besar penduduk Kota Batu juga bermata pencaharian yang berbasis pada sektor pertanian menjadikan sektor pertanian di Kota Batu menjadi salah satu sektor yang memiliki pengaruh positif terhadap PDRB Kota Batu. Hal ini juga diperjelas oleh pernyataan BPS Kota Batu (2018) yang menyatakan bahwa sektor pertanian menjadi salah satu dari tiga besar sektor yang cukup besar peranannya. Fakta terkait sektor pertanian Kota Batu juga sejalan dengan posisi Kota Batu sebagai Kota Agrowisata. Artinya sebagai Kota Wisata yang berbasis pertanian, Kota Batu masih mempertahankan sektor pertanian sebagai penggerak roda perekonomian. Hal ini juga dibuktikan dengan mata pencaharian penduduk Kota Batu yang sebagian besar berada di sektor pertanian. Salah satu jenis usaha yang memiliki daya tarik lebih di Kota Batu adalah industri oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk khas Kota Batu khususnya produk olahan hasil pertanian seperti kripik buah maupun minuman sari buah. Salah satu perusahaan kelas menengah atau UKM (usaha kecil menengah) yang bergerak di bidang agroindustri di Kota Batu adalah UD. Ramayana Agro Mandiri. sistem pemasaran yang dilakukan oleh UD. Ramayana Agro Mandiri ini adalah dengan melakukan penjualan produk kepada reseller untuk dijual ke konsumen akhir. UD. Ramayana Agro Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang mampu bertahan di ketatnya persaingan yang ada. Semakin banyaknya persaingan produk sejenis dari perusahaan lain yang berada di daerah Batu – Malang membuat UD. Ramayana Agro Mandiri selalu berfikir bagaimana cara dalam menjaga hubungan yang sudah terjalin dengan para mitra bisnisnya yang merupakan faktor yang cukup penting pada sistem pemasaran yang dijalankannya. Salah satu strategi bisnis yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap terus berlangsungnya bisnis UD. Ramayana Agro Mandiri adalah dengan membentuk ataupun mempertahankan sikap loyal oleh seluruh pelanggannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis faktor-faktor customer relationship marketing yang membentuk loyalitas pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2019 hingga Juni 2019. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini didapatkan dari wawancara dengan pemilik UD. Ramayana Agro Mandiri dan dengan sebanyak 35 sampel pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri. Kedua tujuan yang dirumuskan dijawab melalui analisis kuantitatif dari data-data yang diperoleh selama kegiatan pengambilan data baik melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Diharapkan setelah diketahui hasilnya dapat dijadikan dasar dalam menentukan kebijakan oleh UD Ramayana Agro Mandiri ke depannya dan juga dapat digunakan oleh UKM sejenis lainnya. Dari model struktural analisis faktor konfirmatori loyalitas pelanggan yang dibentuk berdasarkan variabel kepercayaan, komunikasi, dan kepuasan didapatkan hasil model yang over-identified. Sehingga untuk model over-identified ini diperlukan memperoleh nilai estimasi parameter-parameter yang terbentuk dalam model CFA. Pada hasil evaluasi kesesuaian model (goodness of fit) didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan model yang diestimasi adalah telah sesuai atau fit. Pada hasil estimasi parameter juga didapatkan hasil bahwa seluruh variabel customer relationship marketing yaitu kepercayaan, komunikasi, dan kepuasan yang digunakan dalam penelitian ini keseluruhannya memiliki nilai yang signifikan dan memberikan pengaruh yang positif terhadap pembentukan variabel laten loyalitas pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri dengan melihat nilai p-value masingmasing variabel yang kurang dari taraf signifikan dengan α = 0,05. Juga indikator atribut produk, tanggung jawab, sarana informasi, intensitas hubungan, lama pengiriman, biaya pengiriman, dan kesesuaian harga memiliki hasil signifikan dalam membentuk variabel laten loyalitas pelanggan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini ditujukan kepada pihak UD. Ramayana Agro Mandiri adalah perusahaan perlu menambah jumlah tenaga kerja serta fasilitas penunjang yang memiliki fungsi distribusi produk dan dalam kegiatan pengembangan serta perluasan pasar, diharapkan UD. Ramayana Agro Mandiri dapat menjelaskan secara lebih dalam terkait keunggulankeunggulan yang dimiliki perusahaan. Keunggulan tersebut meliputi berbagai macam sertifikasi serta kelengkapan atribut produk UD. Ramayana Agro Mandiri, dengan melakukan hal tersebut diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan positif bagi para calon pelanggan atau reseller untuk membeli produk UD. Ramayana Agro Mandiri.