Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pembelian Makanan Secara Online dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB)

Main Author: Pratiwi, Surya Handy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173249/
Daftar Isi:
  • Teknologi internet, telah menjadikan usaha pada saat ini dapat melampaui batasan waktu dan geografis. Indonesia termasuk satu negara yang mengalami peningkatan pesat dalam penggunaan internet. Perkembangan bisnis online di Indonesia selain cukup pesat juga sangat menjanjikan, hampir semua sektor bisnis saat ini telah menggunakan internet sebagai media transaksi. Dengan semakin banyaknya dan semakin mudahnya fasilitas internet, belanja online menjadi tren baru yang terasa lebih sederhana, efisien dan cepat tanpa adanya hambatan bisnis yang berarti. Melihat keberhasilan internet sebagai sarana pemasaran yang strategis membuat para pengusaha menggunakan internet sebagai salah satu sarana pemasaran, termasuk didalamnya para pengusaha makanan. Perusahaan makanan secara terus-menerus dapat menjual makanan kepada konsumen secara online. Berbagai macam makanan akan mudah didapatkan konsumen melalui jual beli online. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan responden mahasiswa yang masih aktif kuliah, penelitian dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang akan dianalisis menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengeruhi niat perilaku pembelian makanan online dengan pendekatan Theory of Planned Behaviror (TPB). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat perilaku pembelian makanan secara online. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat perilaku pembelian makanan online.