Analisis Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Dan Harga Kopi Serta Fasilitas Coffee Shop Di Kota Malang
Main Author: | Kurniawati, Luluk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173228/1/SKRIPSI%20LULUK%20KURNIAWATI%202019%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173228/ |
Daftar Isi:
- Era globalisasi saat ini, gaya hidup masyarakat mulai berubah dipengaruhi oleh budaya luar, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sistem informasi (Listyari, 2006). Coffee Shop di kalangan anak muda merupakan sarana untuk membangun kehidupan sosial, bergaul ataupun sekedar mengaktualisasikan gaya hidup yang dapat menaikkan prestise konsumen (Fauzi, I Nengah Punia dan Gede Kamajaya, 2007). Peningkatan jumlah Coffee Shop terjadi dari tahun 2012 hingga 2018. Jumlah kedai kopi dan Coffee Shop di Kota Malang sebanyak 90 yang terdiri dari 42 Coffee Shop, 42 kedai kopi dan 7 warung kopi. Banyaknya Coffee Shop di Kota Malang menyebabkan ketatnya persaingan. Penelitian ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui tingkat harapan, kepentingan dan kepuasan konsumen akan kualitas kopi yang ditawarkan, harga dan fasilitas Coffee Shop. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen Coffee Shop di Kota Malang, (2) Menganalisis sikap konsumen terhadap kualitas, harga dan fasilitas Coffee Shop di Kota Malang, (3) Menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas, harga dan fasilitas Coffee Shop di Kota Malang. Penentuan sampel dilakukan pada konsumen di enam Coffee Shop (Apresio Kopi, Okenyo Coffee, Didol.Ae Coffee & Friends, Anonym Coffee, Jalimerah Koffie dan Batas Teduh) yang memesan dan sedang menikmati V60 dengan jenis kopi arabika. Metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik acidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Multiatribut Fishbein, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari analisis data Mayoritas konsumen Coffee Shop di Kota Malang adalah laki-laki dengan usia 20-23 Tahun. Konsumen sebagian besar adalah mahasiswa dengan pendidikan Sarjana Strata 1. Uang saku/pendapatan responden adalah sebesar Rp 1.000.000,- per bulan. Ketika melakukan kunjungan ke Coffee Shop, konsumen paling sering ditemani oleh teman atau pasangan hidup. Apabila kondisi Coffee Shop penuh, konsumen lebih memilih untuk mencari Coffee Shop lain. Konsumen biasanya berkunjung ke Coffee Shop pada hari libur pada pukul 17.01 – 22.00 WIB. Ketika melakukan kunjungan ke Coffee Shop konsumen lebih banyak dipengaruhi olah teman dan social media seperti instagram. Bentuk promosi yang diharapkan konsumen adalah potongan harga dan keragaman menu. Rata-rata konsumen berkunjung ke Coffee Shop adalah sekali sampai sepuluh kali dalam satu bulan terahir. Apabila harga kopi V60 mengalami kenaikan, konsumen tetap melakukan pembelian di Coffee Shop. Konsumen biasanya berkunjung ke Coffee Shop untuk berkumpul bersama teman-teman dan menikmati suasana Coffee Shop. Biaya yang dikeluarkan dalam sekali kunjungan adalah sebesar Rp. 15.000 sampai dengan Rp 30.000. Sikap konsumen terhadap atribut di enam Coffee Shop adalah sangat positif. Sikap konsumen terhadap atribut di Apresio Kopi, Didol.Ae Coffee & Friends dan Jalimerah Koffie adalah sangat positif. Sikap konsumen di Okenyo Coffee, Anonym Coffee, dan Batas Teduh adalah positif. Nilai sikap konsumen di masing-masing Coffee Shop yang negatif adalah pada atribut rasa, aroma dan warna. Atribut-atributii lainnya seperti jenis kopi, penampilan kopi ketika disajikan, harga, variasi menu, penampilan barista dan keramahan barista adalah positif. Atribut di masing-masing Coffee Shop yang memiliki tingkat kepentingan tinggi tetapi kinerja yang dihasilkan rendah (kuadran I) berdasarkan perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) adalah jenis kopi, rasa dan penampilan barista. Atribut yang memiliki prioritas rendah (kuadran III) adalah warna kopi, penampilan kopi ketika disajikan, harga, variasi menu dan penampilan barista. Atribut yang berada tepat di garis diagonal adalah aroma kopi. Nilai kepuasan di enam Coffee Shop adalah sebesar 78,28% yang menunjukkan bahwa konsumen merasa puas dengan atribut yang disediakan oleh Coffee Shop. Berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) konsumen di Apresio Kopi dan Didol.Ae Coffee & Friends merasa sangat puas. Konsumen di Okenyo Coffee, Anonym Coffee, Jalimerah Koffie dan batas teduh merasa puas.