Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Daily Worker Di Hotel Grand Darmo Dengan Metode Rating Scale

Main Author: Kurniawan, Iman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173205/
Daftar Isi:
  • Hotel Grand Darmo adalah salah satu hotel berbintang empat yang terletak di belakang taman bungkul, Surabaya. Karyawan pada Hotel Grand Darmo dibagi menjadi dua yaitu karyawan kontrak dan karyawan daily worker. Penilaian kinerja untuk karyawan daily worker saat ini dilakukan setiap 3 bulan sekali oleh setiap head of department dan divalidasi oleh departemen human resources. Aspek penilaian yang digunakan dalam menilai karyawan daily worker selama ini masih berdasarkan absensi, sikap, dan hasil kerja di lapangan saja, dimana belum ada kriteria penilaian yang mencerminkan pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan daily worker secara spesifik. Sedangkan penilaian kinerja yang dilakukan selama ini untuk menentukan perpanjangan kontrak karyawan, promosi naik jabatan apabila ada slot kosong, dan sebagai evaluasi pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria penilaian kinerja karyawan daily worker, melakukan penilaian kinerja menggunakan metode rating scale, dan memberikan rekomendasi untuk karyawan daily worker. Metode penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rating scale. Metode ini dapat memberikan skala penilaian yang bersifat kuantitatif dalam proses penilaian kinerja. Penentuan kriteria dan subkriteria penilaian disesuaikan dengan karyawan daily worker yang mengacu pada berbagai referensi. Selanjutnya pada kriteria dan subkriteria terpilih dilakukan penentuan bobot dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Kemudian dilakukan penilaian kinerja tiap karyawan daily worker oleh setiap head of department yang bersangkutan. Hasil penilaian digunakan sebagai pertimbangan rekomendasi yang dapat diambil perusahaan untuk karyawan daily worker. Penilaian kinerja dengan menggunakan metode rating scale ini memiliki 8 kriteria yang dipecah menjadi 20 subkriteria. Kriteria penilaian yang digunakan adalah interpersonal skill, komunikasi, pengambilan keputusan, keterampilan, pengembangan karir, motivasi diri, kepribadian, dan kedisiplinan. Nilai karyawan dibagi menjadi golongan baik dan golongan buruk dimana golongan baik terbagi menjadi 2 bagian yaitu melebihi standar perusahaan dan sesuai dengan standar perusahaan. Berdasarkan penilaian kinerja karyawan daily worker diperoleh 34 karyawan tergolong kedalam golongan baik dan 1 karyawan masuk kedalam golongan buruk. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian kinerja, rekomendasi yang diberikan untuk 35 karyawan yaitu 10 karyawan di rekomendasikan kenaikan status kerja, 24 karyawan di perpanjang kontrak dan 1 karyawan perlu evaluasi kinerja.