Faktor-Faktor Motivasi Wisatawan di Objek Wisata Kabupaten Sumenep
Main Author: | Safitri, Laras Tri Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173109/ |
Daftar Isi:
- Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki berbagai macam potensi objek wisata, baik objek wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Pemerintah Kabupaten Sumenep sedang mengembangkan objek wisata diantaranya dengan cara mengkonsep Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018 yang diharapkan dapat memotivasi calon wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Motivasi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata akan sangat dipengaruhi oleh persepsinya mengenai produk wisata yang ada, baik yang berkaitan dengan atraksi wisata maupun faktor pendukungnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap motivasi wisata di Kabupaten Sumenep dengan menggunakan metode kualitatif berupa penilaian persepsi wisatawan terhadap motivasi dalam mengunjungi objek wisata di Kabupaten Sumenep yang terbagi menjadi persepsi wisatawan terhadap motif, persepsi wisatawan terhadap produk wisata, persepsi wisatawan terhadap jasa/pelayanan wisata dan analisis faktor. Adapun hasil dari penelitian adalah nilai rata-rata indeks motivasi wisatawan di Kabupaten Sumenep sebesar 50% - 82,47% dengan klasifikasi motivasi kuat. Sedangkan hasil analisis faktor yaitu prioritas motivasi wisatawan berbeda berdasarkan tipe karakteristik wisatanya. Seperti pada objek wisata alam, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan adalah faktor penawaran wisata, pada objek wisata budaya, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor kebutuhan pokok dan pada pada objek wisata buatan, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor motif.