Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Baju Koko di CV. Subur Makmur
Main Author: | Samboro, Achmadan Baihaqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173077/ |
Daftar Isi:
- CV. Subur Makmur berada di dalam lingkungan internal dan eksternal yang dinamis yang mempunyai pengaruh terhadap keberlanjutan usahanya, oleh karena itu CV. Subur Makmur menggunakan beberapa strategi supaya dapat mencapai target penjualan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor internal dan eksternal serta merancang strategi pemasaran yang tepat untuk produk baju Koko pada CV Subur Makmur, sehingga target penjualan yang dapat tercapai serta bisnis nya akan sukses. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan untuk menentukan strategi pada CV. Subur Makmur dalam berbisnis baju koko yaitu dimulai dari input stage, matching stage, dan decision stage. Pada analisis input stage, terdapat matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE) yang digunakan untuk mendapatkan input faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pada penjualan produk baju koko . Selanjutnya dari IFE matrix dan EFE matrix dilanjutkan ke tahap matching stage yang dianalisis dengan menggunakan matriks Internal-External (IE) dan Matriks Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT) untuk menganalisis strategi yang tepat untuk CV. Subur Makmur. Selanjutnya dari IFE matrix dan EFE matrix dilanjutkan ke tahap matching stage yang dianalisis dengan menggunakan matriks Internal-External (IE) dan Matriks Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT) untuk menganalisis strategi yang tepat untuk CV. Subur Makmur. Kemudian melakukan analisis decision stage dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk melakukan pengambilan keputusan dari alternatif-alternatif strategi yang telah dianalisis dari matching stage Hasil dari analisis IE matrix bahwa CV. Subur Makmur berada di sel II yang mengindikasikan bahwa CV. Subur Makmur berada pada posisi persaingan yang baik, strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi intensif dan strategi integratif. Pada tahap pengambilan keputusan dengan menerapkan QSPM yang akan digunakan untuk menentukan pilihan strategi intensif atau integratif, hasilnya bahwa strategi intensif lebih besar dari strategi integratif. Hal ini berarti bahwa CV. Subur Makmur dapat menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar maupun pengembangan produk. CV. Subur Makmur dapat menerapkan strategi intensif yakni strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar maupun pengembangan produk perlu melakukan beberapa langkah yang disesuaikan dengan visi dan misinya.