Analisis Tingkat Loyalitas Petani Tebu Berkaitan Dengan Kepuasan Petani Dalam Bermitra (Studi Kasus Di Pg Kremboong, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur)
Main Author: | Alfasanah, Laila Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173069/1/SKRIPSI%20LAILA%20DWI%20A%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173069/ |
Daftar Isi:
- Gula memegang peranan penting bagi masyarakat Indonesia dan sektor industri lainnya karena gula merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk konsumsi masyarakat dan diperlukan sebagai bahan baku di industri olahan pangan (Badan Litbang Pertanian, 2005). Konsumsi gula nasional diperkirakan cenderung bertambah tahun ke tahun seiring meningkatnya jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan industri makanan dan minuman (Maria, 2009). Konsumsi gula nasional yang terus meningkat akan mengakibatkan impor terhadap gula meningkat. Tingginya nilai impor mendorong pemerintah melakukan upaya untuk meningkatkan produksi gula agar mampu memenuhi kebutuhan gula tanpa harus bergantung kepada gula impor. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produksi gula tersebut tidak terlepas dari penyediaan bahan baku utama dalam industri gula yaitu tebu melalui Pabrik Gula. PG Kremboong merupakan salah satu unit usaha milik PT Perkebunan Nusantara X. PT. Perkebunan Nusantara X adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PG Kremboong berupaya meningkatkan produksi gula dengan cara bermitra dengan petani tebu. Namun, dalam kegiatan bermitra terdapat penyimpangan yang terjadi, Penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan kemitraan antara PG Kremboong dengan petani tebu mitra tersebut dapat berpengaruh terhadap jumlah petani mitra dan akan mempengaruhi jumlah pasokan bahan baku tebu oleh PG Kremboong. Petani mitra yang merasa tidak puas atas jalannya kemitraan dapat memberikan dampak kepada jumlah pasokan tebu PG Kremboong. Petani yang tidak puas atas kemitraannya akan lebih memilih untuk menjual tebu hasil produksinya ke PG lain. Maka, PG Kremboong harus memperhatikan kepuasan petani tebu mitra terhadap jalannya kemitraan sehingga petani akan merasa puas dan loyal serta dapat merekomendasikanii kemitraannya kepada petani lain yang belum bermitra dan dapat meningkatkan jumlah persediaan tebu PG Kremboong. Sehingga produktivitas gula PG Kremboong dapat meingkat. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis karakteristik petani yang bermitra dengan PG Kremboong, (2) Menganalisis pola kemitraan yang dilakukan oleh PG Kremboong, (3) Menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap pelaksanaan kemitraan dengan PG Kremboong, (4) Menganalisis hubungan antara kepuasan dengan loyalitas petani tebu mitra di PG Kremboong. . Penentuan sampel dilakukan pada petani tebu yang bermitra dengan PG Kremboong. Metode yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan korelasi rank spearman. Hasil dari analisis data, mayoritas petani tebu mitra merupakan petani dengan jenis kelamin laki-laki dan memiliki usia 45-50 tahun dengan pendidikan terakhir adalah SMA. Lahan yang didaftarkan petani untuk berusahatani tebu mayoritas memiliki status kepemilikan sewa. Lama kemitraan yang dijalin petani dengan PG Kremboong adalah lebih dari 3 tahun hingga lebih dari 39 tahun. Pola kemitraan yang dijalin antara PG Kremboong dengan petani tebu mitra adalah pola kemitraan inti plasma. PG Kremboong sebagai pihak inti dan sebagai avalis yaitu penjamin dana yang telah dipinjam oleh petani dan petani tebu mitra sebagai pihak plasma. Berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index, petani tebu mitra tergolong cukup puas atas pelayanan kemitraan yang dapat dilihat dari hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu sebesar 60,02 dan tingkat korelasi antara kepuasan dengan loyalitas adalah kuat, positif dan signifikan yaitu sebesar 0,619.