Analisis Hubungan Kualitas Produk Dan Viral Marketing Dengan Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Pelanggan Di Kedai Kopi Malang)
Main Author: | Saputro, Rachmansyah Damar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172958/1/Rachmansyah%20Damar%20Saputro%20155040101111152%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172958/ |
Daftar Isi:
- Kopi merupakan salah satu produk yang digunakan oleh UMKM pada daerah malang dalam usaha bisnis seperti kedai kopi atau kafe. Kedai kopi atau kafe malang menggunakan jejaring sosial untuk membagikan informasi terkait produk yang dijual. Instagram merupakan salah satu sosial media yang menyediakan foto ataupun video dan digemari oleh masyarakat sekarang. Anak muda hingga orang tua menggunakan Instagram dengan maksud membagikan informasi maupun menerima informasi sesama pengguna Instagram. Penggunaan jejaring sosial juga dapat mengakibatkan produk yang baru diproduksi dapat dikenal masyarakat dengan cepat dan dapat diketahui oleh masyarakat karena viral pada produk tersebut. Salah satu kedai kopi yang sedang viral adalah Pesan Kopi Malang. Akan tetapi kedai kopi tersebut membuka cabang terlalu banyak dengan perbedaan rasa pada setiap kedai yang dapat mengakibatkan pelanggan dapat berpindah tempat kedai yang seharusnya dikedai yang sudah disediakan oleh pihak Kedai Kopi. Dikarenakan Viralnya produk di kalangan mahasiswa dan juga masyarakat sekitar maka peneliti ingin mengangkat penelitian tentang pengaruh kualitas produk dan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen di Pesan Kopi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen yang membeli produk di kedai Kedai Kopi Malang. (2) Mengetahui variabel yang memiliki hubungan lebih kuat dengan keputusan pembelian di kedai Kopi Malang. (3) Menganalisis hubungan kualitas produk dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan non-probability sampling yang mana keseluruhan populasi tidak dapat dijadikan sebagai sampel. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling sehingga sampel ditentutan secara kebetulan karena jumlah konsumen di Kedaiii Kopi Malang tidak dapat diketahui pastinya sehingga yang akan menjadi sampel ialah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk pada Kedai Kopi Malang. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi. Hasil dari analisis data, variabel Kualitas Produk (X1) dan Viral Marketing (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Pada hasil uji korelasi didapatkan bahwa Viral Marketing (X2) memberikan hubungan yang signifikan secara partial terhadap Keputusan Pembelian. Pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Kualitas Produk mempunyai nilai kritis korelasi yang paling besar. Sehingga variabel Kualitas Produk mempunyai hubungan yang lebih dominan kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Kualitas Produk mempunyai hubungan yang dominan terhadap Keputusan Pembelian