Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG

Main Author: Zuhri, Abdi Afifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172912/
ctrlnum 172912
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/172912/</relation><title>Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan&#xD; Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG</title><creator>Zuhri, Abdi Afifuddin</creator><subject>665.7 Natural gas and manufactured gases</subject><description>Penggunaan gas alam sebagai bahan bakar transportasi massal sudah banyak digunakan&#xD; pada beberapa negara, selain itu penelitian tentang gas alam sebagai bahan bakar juga sudah&#xD; dilakukan sebelumnya, salah satunya adalah tentang HCNG (Hydrogen Enriched&#xD; Compressed Natural Gas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi&#xD; konsentrasi H2 terhadap performa engine 4 langkah dengan sistem injeksi berbahan bakar&#xD; CNG. Penelitian ini dilakukan dengan metode penilitian eksperimental dengan&#xD; menggunakan engine 4 langkah yang sudah disesuaikan pada testbench untuk pengujian.&#xD; Dengan parameter performa yang ingin diketahui berupa torsi, daya efektif, specific fuel&#xD; consumption dan efisiensi termal efektif dari engine. Pengujian mengacu pada konsep dari&#xD; dynotest dengan engine akan diuji performa pada setiap rpm yang berbeda pada bukaan&#xD; throttle konstan dengan melakukan pengereman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&#xD; semakin tinggi persentase H2 tidak berbanding lurus dengan peningkatan dari performa&#xD; engine 4 langkah; semakin besar penambahan persentase H2 pada campuran gas alam akan&#xD; meningkatkan performa engine 4 langkah sampai pada persentase yang tepat sesuai dengan&#xD; parameter operasional engine; dan jika telah mencapai persentase optimalnya maka&#xD; performa engine menjadi turun pada persentase H2 yanng semakin tinggi. Didapatkan&#xD; persentase optimal sebesar 10% H2 dengan performa yang dihasilkan antara laim torsi 2.71&#xD; Kg.m pada putaran poros 670 rpm, daya efektif 3.28 Ps pada putaran poros 1055 rpm SFCe&#xD; 0.17 Kg/Ps.Jam pada putaran poros 770 rpm dan efisiensi termal efektif 33.62% pada&#xD; putaran poros 770 rpm.</description><date>2019-07-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Zuhri, Abdi Afifuddin (2019) Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2019/475/051905071</relation><recordID>172912</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Zuhri, Abdi Afifuddin
title Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG
publishDate 2019
topic 665.7 Natural gas and manufactured gases
url http://repository.ub.ac.id/172912/
contents Penggunaan gas alam sebagai bahan bakar transportasi massal sudah banyak digunakan pada beberapa negara, selain itu penelitian tentang gas alam sebagai bahan bakar juga sudah dilakukan sebelumnya, salah satunya adalah tentang HCNG (Hydrogen Enriched Compressed Natural Gas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi H2 terhadap performa engine 4 langkah dengan sistem injeksi berbahan bakar CNG. Penelitian ini dilakukan dengan metode penilitian eksperimental dengan menggunakan engine 4 langkah yang sudah disesuaikan pada testbench untuk pengujian. Dengan parameter performa yang ingin diketahui berupa torsi, daya efektif, specific fuel consumption dan efisiensi termal efektif dari engine. Pengujian mengacu pada konsep dari dynotest dengan engine akan diuji performa pada setiap rpm yang berbeda pada bukaan throttle konstan dengan melakukan pengereman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi persentase H2 tidak berbanding lurus dengan peningkatan dari performa engine 4 langkah; semakin besar penambahan persentase H2 pada campuran gas alam akan meningkatkan performa engine 4 langkah sampai pada persentase yang tepat sesuai dengan parameter operasional engine; dan jika telah mencapai persentase optimalnya maka performa engine menjadi turun pada persentase H2 yanng semakin tinggi. Didapatkan persentase optimal sebesar 10% H2 dengan performa yang dihasilkan antara laim torsi 2.71 Kg.m pada putaran poros 670 rpm, daya efektif 3.28 Ps pada putaran poros 1055 rpm SFCe 0.17 Kg/Ps.Jam pada putaran poros 770 rpm dan efisiensi termal efektif 33.62% pada putaran poros 770 rpm.
id IOS4666.172912
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:56:40Z
last_indexed 2021-10-28T06:56:40Z
recordtype dc
_version_ 1751454098165596160
score 17.538404