Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG
Main Author: | Zuhri, Abdi Afifuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172912/ |
ctrlnum |
172912 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/172912/</relation><title>Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan
Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG</title><creator>Zuhri, Abdi Afifuddin</creator><subject>665.7 Natural gas and manufactured gases</subject><description>Penggunaan gas alam sebagai bahan bakar transportasi massal sudah banyak digunakan
pada beberapa negara, selain itu penelitian tentang gas alam sebagai bahan bakar juga sudah
dilakukan sebelumnya, salah satunya adalah tentang HCNG (Hydrogen Enriched
Compressed Natural Gas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi
konsentrasi H2 terhadap performa engine 4 langkah dengan sistem injeksi berbahan bakar
CNG. Penelitian ini dilakukan dengan metode penilitian eksperimental dengan
menggunakan engine 4 langkah yang sudah disesuaikan pada testbench untuk pengujian.
Dengan parameter performa yang ingin diketahui berupa torsi, daya efektif, specific fuel
consumption dan efisiensi termal efektif dari engine. Pengujian mengacu pada konsep dari
dynotest dengan engine akan diuji performa pada setiap rpm yang berbeda pada bukaan
throttle konstan dengan melakukan pengereman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
semakin tinggi persentase H2 tidak berbanding lurus dengan peningkatan dari performa
engine 4 langkah; semakin besar penambahan persentase H2 pada campuran gas alam akan
meningkatkan performa engine 4 langkah sampai pada persentase yang tepat sesuai dengan
parameter operasional engine; dan jika telah mencapai persentase optimalnya maka
performa engine menjadi turun pada persentase H2 yanng semakin tinggi. Didapatkan
persentase optimal sebesar 10% H2 dengan performa yang dihasilkan antara laim torsi 2.71
Kg.m pada putaran poros 670 rpm, daya efektif 3.28 Ps pada putaran poros 1055 rpm SFCe
0.17 Kg/Ps.Jam pada putaran poros 770 rpm dan efisiensi termal efektif 33.62% pada
putaran poros 770 rpm.</description><date>2019-07-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Zuhri, Abdi Afifuddin (2019) Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2019/475/051905071</relation><recordID>172912</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Zuhri, Abdi Afifuddin |
title |
Pengaruh Variasi Konsentrasi H2 terhadap Performa Engine 4 Langkah dengan
Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG |
publishDate |
2019 |
topic |
665.7 Natural gas and manufactured gases |
url |
http://repository.ub.ac.id/172912/ |
contents |
Penggunaan gas alam sebagai bahan bakar transportasi massal sudah banyak digunakan
pada beberapa negara, selain itu penelitian tentang gas alam sebagai bahan bakar juga sudah
dilakukan sebelumnya, salah satunya adalah tentang HCNG (Hydrogen Enriched
Compressed Natural Gas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi
konsentrasi H2 terhadap performa engine 4 langkah dengan sistem injeksi berbahan bakar
CNG. Penelitian ini dilakukan dengan metode penilitian eksperimental dengan
menggunakan engine 4 langkah yang sudah disesuaikan pada testbench untuk pengujian.
Dengan parameter performa yang ingin diketahui berupa torsi, daya efektif, specific fuel
consumption dan efisiensi termal efektif dari engine. Pengujian mengacu pada konsep dari
dynotest dengan engine akan diuji performa pada setiap rpm yang berbeda pada bukaan
throttle konstan dengan melakukan pengereman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
semakin tinggi persentase H2 tidak berbanding lurus dengan peningkatan dari performa
engine 4 langkah; semakin besar penambahan persentase H2 pada campuran gas alam akan
meningkatkan performa engine 4 langkah sampai pada persentase yang tepat sesuai dengan
parameter operasional engine; dan jika telah mencapai persentase optimalnya maka
performa engine menjadi turun pada persentase H2 yanng semakin tinggi. Didapatkan
persentase optimal sebesar 10% H2 dengan performa yang dihasilkan antara laim torsi 2.71
Kg.m pada putaran poros 670 rpm, daya efektif 3.28 Ps pada putaran poros 1055 rpm SFCe
0.17 Kg/Ps.Jam pada putaran poros 770 rpm dan efisiensi termal efektif 33.62% pada
putaran poros 770 rpm. |
id |
IOS4666.172912 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:56:40Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:56:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454098165596160 |
score |
17.538404 |