Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan MOVIMAX Sarinah Kota Malang)
Main Author: | Putra, Rizky Ananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172847/1/Rizky%20Ananda%20Putra.pdf http://repository.ub.ac.id/172847/ |
Daftar Isi:
- Di era sekarang ini menonton film di bioskop sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi kebanyakan orang terutama pada masyarakat perkotaan. Banyaknya alternatif pilihan bioskop tentunya akan membuat masyarakat cenderung menginginkan sesuatu yang berbeda pada saat menonton di bioskop. Hal ini mendorong pelaku bisnis bioskop untuk menciptakan sebuah value dan strategi yang dapat menarik konsumen. Beberapa cara yang saat ini banyak diterapkan adalah Experiential Marketing dan Perceived Value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Experiential Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan koefisien beta sebesar 0,259 dan dengan probabilitas 0,010 (p<0,050). Variabel Experiential Marketing (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,109 dan dengan probabilitas sebesar 0,268 (p<0,050). Variabel Perceived Value (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan koefisien beta sebesar 0,460 dan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,050). Variabel Perceived Value (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,054 dan dengan probabilitas sebesar 0,605 (p<0,050). Variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,593 dan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,050). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan.