Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Labore Coffee Eatery)
Main Author: | Sarah, Meidina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172824/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan : (1) pengaruh secara bersama-sama Experiential Marketing yang terdiri dari lima variabel yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Loyalitas Pelanggan. (2) pengaruh secara bersama-sama Experiential Marketing yang terdiri dari lima variabel yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Loyalitas Pelanggan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 116 orang responden pelanggan Labore Coffee Eatery yang telah melakukan pembelian produk Labore Coffee Eatery lebih dari satu kali serta berusia lebih ≥ 17 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel bebas Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), dan Relate (X5) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Hal ini terbukti dari hasil nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,562 atau setara dengan 56,2%. Secara parsial, variabel bebas Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), dan Relate (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Hal ini terbukti pada seluruh variabel bebas hasil nilai sig. t < sig. α (0,05).