Efektivitas Pelayanan Penerbitan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E- Ktp) (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)
Main Author: | Nugrahani, Shinta Awalia Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172793/1/Shinta%20Awalia%20Rizky%20Nugrahani%20155030100111098%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172793/ |
Daftar Isi:
- Tuntutan akan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas oleh masyarakat semakin banyak dan beragam. Oleh karena itu penyelenggaraan pelayanan publik oleh pelaksana pelayanan seharusnya diutamakan dan dijalankan dengan seefektif mungkin. Berdasarkan uraian diatas peneliti mengambil judul Efektivitas Pelayanan Penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tingkat efektivitas pelayanan penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang serta mengidentifikasi upayaupaya yang mendungkung penyelenggaraan pelayanan tersebut. Hal yang dirasa sangat penting oleh penulis dalam memberikan dokumen kependudukan kepada masyarakat didalam proses implementasi program perekaman KTP Elektronik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingat efektivitas pelayanan penerbitan e-KTP dapat diketahui melalui tiga indikator efektivitas menurut pendapat Martanti dan Lubis. Ke-tiga indokator tersebut yaitu pendekatan sumber (SDM, dan alat, sarana dan prasarana), pendekatan proses (mekanisme pelayanan, kepastian waktu dalam SOP, kopetensi pegawai, sikap pegawai, biaya pelayanan dan rata-rata jumlah pengurus dan cetak e-KTP) dan pendekatan tujuan (kepuasan masyarakat, kepastian waktu dan realisasi target). Selain itu juga terdapat upaya-upaya dalam pemenuhan target e-KTP yaitu melalui inovasi program, perbaikan alat, sarana dan prasarana serta seminar atau diklat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang menjadi salah satu instansi yang mengemban tugas dalam pelaksanaan program e-KTP khususnya pada wilayah Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa masih ada target dari setiap kecamatan atas kepemilikan e-KTP bagi usia wajib belum terpenuhi. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal kantor yakni ketersediaan blanko e-KTP dan kelancaran jaringan.