Pengaruh Content Marketing Terhadap Consumer Engagement Serta Dampaknya pada Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Konsumen Media VICE Indonesia)

Main Author: Naufalia, Amira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172788/1/Amira%20Naufalia.pdf
http://repository.ub.ac.id/172788/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh langsung Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek ; dan 2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh tidak langsung Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek melalui Consumer Engagement. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Content Marketing, Consumer Engagement dan Kepercayaan Merek. Pengumpulan data diperoleh melalui survei dengan penyebaran kuesioner secara online pada Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang merupakan konsumen media VICE Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada tiap jalur. Selain itu, terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari Content Marketing terhadap Kepercayaan merek sebesar 0,748 (74,8%) dan pengaruh tidak langsung yang signifikan dari Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek dengan Consumer Engagement sebagai variabel perantara sebesar 0,107 (10,7%). Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan VICE Indonesia disarankan untuk lebih meningkatkan engagement melalui content marketing yang dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan merek. Lebih lanjut lagi, hasil penelitian menemukan bahwa Content Marketing merupakan salah satu strategi yang efektif dalam membentuk Consumer Engagement dalam memengaruhi Kepercayaan Merek.