Pengaruh Fashion Lifestyle Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Fashion Streetwear Brand H&M di Jabodetabek)

Main Author: Koesherawati, Uke
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172779/1/Uke%20Koesherawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/172779/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan akan fashion merupakan satu bidang tidak pernah ada habisnya. Berganti waktu berganti pula trend yang ada, berganti trend berganti pula pakaian setiap orang. Perilaku konsumen dan keinginan setiap konsumen yang mempengaruhi minat beli terhadap fashion. Dimensi fashion saat ini sudah menjadi lifestyle yang berpengaruh dan diperhatikan dalam masyarakat modern. Fashion tidak hanya mengenai pakaian yang dikenakan, lebih dari itu fashion merupakan lifestyle dan perubahan fashion ataupun gaya berbusana ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai aspek. Belakangan ini trend fashion dengan gaya khas fashion jalanan atau yang lebih dikenal dengan istilah streetwear, diyakini sebagai fashion streetwear yaitu sebuah gaya berpakaian yang identik dengan cara berpakaian yang bebas dan tidak ada aturan yang mengikat ataupun ketat bagi penggunanya. Fenomena fashion streetwear sekarang bukan hanya diminati kultur anak skateboarding atau hiphop saja tetapi sudah menjadi style yang digemari masyarakat modern diluar dari kultur sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bahwa: (1) Fashion Innovativeness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (2) Quality Consciousness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (3) Price Consciousness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (4) Brand Consciousness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (5) Status Consumption secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (6) Fashion Innovativeness, Quality Consciousness, Price Consciousness, Brand Consciousness, Status Consumption secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukka bahwa: (1) Fashion Innovativeness memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (2) Quality Consciousness memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (3) Price Consciousness memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (4) Brand Consciousness memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (5) Status Consumption memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. (6) Fashion Innovativeness, Quality Consciousness, Price Consciousness, Brand Consciousness, Status Consumption memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention.