Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Ecowisata Kebun Kopi Amadanom di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang

Main Author: Saraswati, Dwiyana Dita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172756/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Dengan adanya sector pariwisata di Indonesia, sektor pariwisata memberikan kontribusi pendapatan nasional yang cukup besar karena kebutuhan masyarakat urban saat ini cukup besar terhadap wisata. Diketahui perolehan jumlah devisa sektor pariwisata Indonesia pada 2015 mencapai USD 12,23 juta. Salah satu aktivitas dalam sektor pariwisata yaitu ekowisata, dan adapun ekowisata yang menjadi objek penelitian yaitu Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. Semakin banyak jumlah pengunjung yang berkunjung namun jika tidak didukung dengan pelayanan yang juga bertambah baik maka akan menjadi masalah. Maka dari itu Ecowisata Kebun Kopi Amadanom masih perlu meningkatkan pelayanannya dalam menyediakan aktivitas wisata bagi pengunjung. Adapun penelitian yang dilakukan bertujuan (1) untuk menganalisis perbandingan nilai kinerja dengan nilai kepentingan dari Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, (2) untuk mengetahui preferensi pengunjung terhadap atribut-atribut yang tergabung dalam dimensi kualitas pelayanan pada Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, dan (3) menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja pelayanan yang disediakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu data hasil dari kuesioner yang disebarkan pada 68 responden, dan wawancara dengan pihak ekowisata. Data sekunder yang digunakan yaitu diperoleh dari data Desa Amadanom yang diperoleh dari kantor Desa Amadanom. Pengambilan sample dengan teknik accidental sampling pada pengunjung yang berkunjung saat penelitian berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif, Importance and Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dalam penelitian yang dilakukan terdapat 17 atribut yang tergabung dalam lima dimensi kualitas jasa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan nilai kinerja dengan nilai kepentingan yang paling rendah yaitu pada atribut area parkir sebesar 0,57 yang menyatakan bahwa kinerja atribut tersebut masih kurang memuaskan dan memerlukan perbaikan. Hasil penelitian berdasarkan preferensi pengunjung terdapat tiga (3) atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan karena letak atribut-atribut tersebut terletak pada kuadran I yaitu area parkir, fasilitas bangunan wisata, dan kebersihan dan kerapian area wisata. Berdasarkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diketahui sebesar 0,68, dimana nilai tersebut termasuk dalam interval 0,66-0,80 yang dapat diartikan bahwa pengunjung telah merasa puas terhadap kinerja pelayanan di Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. Area parkir, fasilitas bangunan wisata, kebersihan dan kerapian area wisata memerlukan perbaikan dan peningkatan kinerja. Saran untuk perbaikan area parkir ada baiknya jika area parkir diberi rambu tanda parkir yang jelas dan petugas parkir. Saran untuk perbaikan fasilitas bangunan wisata dapat diatasi dengan alternatif ii dengan memberi biaya masuk ekowisata bagi pengunjung sesuai keikhlasan pengunjung untuk memberi, lalu dari hasil pendapatan yang didapatkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk biaya perawatan ekowisata, pembaharuan fasilitas, atau penambahan fasilitas baru. Saran untuk kebersihan dan kerapian bagi area wisata yaitu dengan mempekerjakan beberapa orang untuk membersihkan area ekowisata. Ecowisata Kebun Kopi Amadanom masih memerlukan banyak dana untuk mendukung perbaikan dan peningkatan kinerja pada fasilitas fisik yang digunakan oleh pengunjung. Adapun fasilitas fisik yang perlu ditambahkan menurut saran dari pengunjung yaitu adanya tempat untuk berwisata kuliner, pilihan souvenir atau oleh-oleh yang lebih bervariasi, kolam renang anak. Sedangkan untuk kinerja yang dari pekerja ekowisata tersebut telah mampu memenuhi kepuasan konsumen dengan baik, namun ada baiknya jika pekerja selalu berada di area ekowisata sehingga jika ada pengunjung dapat langsung dilayani jadi pengunjung yang datang tidak kebingungan melihat tidak ada yang menyambut mereka.