Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Mobile Application Shopee Di Kota Surabaya)

Main Author: Seto, Muhammad Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172728/1/Muhammad%20Bagus%20Seto%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172728/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Potongan Harga terhadap Minat Beli (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Potongan Harga, Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna mobile application Shopee dengan usia minimal 18 tahun yang berdomisili di Kota Surabaya dan yang sudah melakukan pembelian di mobile application Shopee minimal satu kali diwilayah Kota Surabaya dan menggunakan accout pribadinya pada mobile application. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 21 for Windows. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa Potongan Harga (X) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y1), Potongan Harga (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2), Minat Beli (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Diharapkan Shopee agar dapat terus mempertahankan promosi penjualan dengan cara memberikan potongan harga kepada konsumennya, dikarenakan potongan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian.