Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (Dslr) Canon Di Toko Pantai Photo Malang)
Main Author: | Pratama, Fajar Bangun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172699/1/FAJAR%20BANGUN%20PRATAMA%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172699/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul “Pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) Canon di Toko Pantai Photo Malang)” dilaksanakan pada Agustus 2018. Citra Merek dan Kepercayaan Merek yang baik meningkatkan Keputusan Pembelian sehingga menguntungkan untuk sebuah merek dagang. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Kepercayaan Merek (Y1), 2) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Kepercayaan Merek (Y1) terhadap Keputusan Pembelian (Y2), 3) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Metode Penelitian yang digunakan adalah Explanatory yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, kemudian analisis jalur (path analysis) yang digunakan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variabel Independen (X), variabel Intervening (Y1), dan variabel Dependen (Y2). Hasil uji analisis jalur dengan tingkat signifikan t < 0,05 maka H0 ditolak yang berarti bahwa variabel Citra Merek (X) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Kepercayaan Merek (Y1) sebesar 9.089 dengan nilai koefisien Determinasi (R2) 0,420 yang berarti variabel Citra Merek (X) dipengaruhi sebesar 42% oleh variabel Kepercayaan Merek (Y1) sedangkan kontribusi variabel-variabel lain di luar model penelitian ini sebesar 58%. Variabel Kepercayaan Merek (Y1) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Keputusan Pembelian (Y2) sebesar 6.569 dan variabel Citra Merek (X) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Keputusan Pembelian (Y2) sebesar 3.643 dengan nilai koefisien Determinasi (R2) 0,572 yang berarti variable Citra Merek (X) dan Kepercayaan Merek (Y1) dipengaruhi sebesar 57,2 % terhadap Keputusan Pembelian (Y2) sedangkan kontribusi variabel-variabel lain di luar model penelitian ini sebesar 42,8%. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Kepercayaan Merek (Y1) dan variabel Citra Merek (X) dan Kepercayaan Merek (Y1) terhadap Keputusan Pembelian (Y2)