Pengaruh Variabel Non Keuangan Terhadap Underpricing Pada Saat Initial Public Offering (Ipo) (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)
Main Author: | Manurung, Sarah Torgara Aprillia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172687/1/SARAH%20TORGARA%20APRILLIA%20MANURUNG%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172687/ |
Daftar Isi:
- Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan modal tambahan dengan cara menawarkan sahamnya ke publik. Permasalahan yang sering muncul pada saat penawaran saham perdana adalah underpricing. Underpricing merupakan kondisi ketika harga saham di pasar perdana lebih rendah dibandingkan harga saham di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel non keuangan terhadap underpricing pada penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, jenis industri dan persentase penawaran saham. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 128 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 93 perusahaan dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hipotesis uji yang digunakan T-statistik dan F-statistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial reputasi underwriter dan reputasi auditor memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing dan umur perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing, sedangkan jenis industri dan persentase penawaran saham tidak berpengaruh terhadap undepricing. Secara simultan, reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, jenis industri dan persentase penawaran saham terdapat pengaruh terhadap undepricing