Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard untuk Menilai Tingkat Kesehatan Perusahaan (Studi pada PT PLN (Persero) Area Bojonegoro Periode 2013-2018)

Main Author: Margarit, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172621/1/Ayu%20Margarit.pdf
http://repository.ub.ac.id/172621/
Daftar Isi:
  • Mengukur kinerja perusahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan pada era globalisasi seperti sekarang ini. Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen strategis yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perushaan. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard memberikan hasil pengukuran yang lebih menyeluruh karena kinerja diukur dengan menggunakan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan diharapkan mampu membantu PT PLN (Persero) Area Bojonegoro untuk menganalisis kemungkinan adanya beberapa strategi yang perlu diperbaiki atau diperbaharui agar dapat menjaga/meningkatkan tingkat kesehatan perusahaan. Hasil studi menunjukkan bahwa perspektif keuangan, persperktif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dianggap sehat dengan kategori A berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 100 tahun 2002.