Pengaruh Periklanan Terhadap Sikap Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunduh Aplikasi Shopee yang Dipengaruhi Perikalanan Online)

Main Author: Pratama, Yoki Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172591/1/Yoki%20Wahyu%20Pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/172591/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan meganalisis pengaruh Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan terhadap Sikap (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan dan Sumber Pesan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh Sikap terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Sikap, dan Struktur Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah pengunduh aplikasi Shopee yang dipengaruhi periklanan online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa (1) Isi Pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,294, (2) Struktur Pesan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,283, (3) Format Pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,234. (4) Sumber Pesan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,232, (5) Isi Pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,121, (6) Struktur Pesan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,150. (7) Format Pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,152, (8) Format Pesan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,124, (9) Sikap (Z) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,549. Hasil tersebut membuktikan bahwa periklanan Shopee menimbulkan pengaruh positif terhadap sikap pada iklan dan keputusan pembelian, sehingga pihak Shopee dapat mengambil keputusan untuk meningkatkan upaya tersebut.