Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya

Main Author: Widodo, Cahyati Sulistyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172585/1/CAHYATI%20SULISTYO%20WIDODO_125030100111180%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172585/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari pengalaman peneliti sebagai mahasiswa dalam mengikuti pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif di Universitas Brawijaya. Berbagai betuk diskrimasi tersebut antara lain yaitu diskriminasi dalam bidang pendidikan dan untuk menanggulangi bentuk diskriminasi difabel dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini melihat implementasi kebijakan pendidikan inklusif dan mengetahui hambatan dalam implementasi kebijakan inklusif di Universitas Brawijaya. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan data primer melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dari dokumen dan website yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif di UB berjalan dengan baik. Dalam pengimplementasiannya PSLD UB sudah dapat memberikan akses kemudahan untuk para difabel diantaranya yaitu dengan adanya jalur masuk SPKPD bagi calon mahasiswa difabel, pelayanan tutorial, pelayanan pendamping, pelayanan konseling, dan aksesibilitas gedung dan bangunan. Saran dari penelitian ini sebaiknya lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas dari staff PSLD UB sehingga dapat menjalankan kebijakan pendidikan inklusif lebih baik lagi, serta meningkatkan sarana dan prasarana yang akses bagi mahasiswa difabel.