Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat dalam Menggunakan Internet Banking (Studi di kalangan Akademisi Universitas Brawijaya)

Main Author: Puspasari, Riyang Okta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172581/1/Riyang%20Okta%20Puspasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/172581/
Daftar Isi:
  • Upaya perusahaan untuk bertahan hidup dan berkembang dalam lingkungan bisnis global sangat tergantung pada pada kompetensi perusahaan dalam memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menerobos berbagai hambatan dan mengubah potensi menjadi peningkatan kecepatan, fleksibilitas, integrasi, dan inovasi berkelanjutan layanan yang dimiliki. Penerobosan hambatan memerlukan pemampu (enabler) yang andal. Salah satu pemampu utama adalah teknologi informasi yang diantaranya meliputi Internet Banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh dari Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan terhadap minat dalam menggunakan Internet Banking. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (X1) Persepsi Kegunaan, (X2) Persepsi Kemudahan, dan (X3) Fitur Layanan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Minat dalam menggunakan Internet Banking (Y). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar secara langung kepada 100 responden yang kebetulan ditemui oleh peneliti dengan kriteria teretentu kepada akademisi di Universtitas Brawijaya. Pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan software SPSS 18. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan karena penelitian ini lebih dari dua variabel, sehingga menggunakan uji F, uji t dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan secara simultan berpengaruh terhadap Minat dalam menggunakan Internet Banking. Secara parsial diketahui bahwa Persepsi Kegunaan dan Fitur Layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat dalam menggunakan Internet Banking, sedangkan Persepsi Kemudahan tidak berpengaruh terhadap Minat dalam menggunakan Internet Banking.