Pengaruh Penggunaan Menu Tablet Layar Sentuh dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Restoran Mujigae Summarecon Mall Bekasi)

Main Author: Fathutami, Sahita Harjanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172576/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi telah meluas menuju era digital dalam berbagai aspek kehidupan. Adapun beberapa industri yang telah memanfaatkan teknologi digital saat ini yaitu industri patiwisata, perbankan dan juga perhotelan. Selain bidang tersebut juga muncul persaingan industri lain khususnya di bidang bisnis restoran. Penggunaan perangkat elektronik seperti tablet layar sentuh mulai marak digunakan sebagai pengganti buku menu. Selain itu terdapat juga berbagai restoran yang mulai menerapkan self-service technology. Seiring berkembangnya waktu teknologi seperti ini dapat dijadikan acuan sebagai indikator salah satu restoran yang up to date dan memiliki kualitas pelayanan yang memadai. Salah satu restoran yang sejak lama telah menerapkan penggunaan teknologi canggih berupa menu tablet layar sentuh, atau tablet layar sentuh yang digunakan sebagai buku menu adalah Restoran Mujigae. Restoran ini memili tema Korean Food yang banyak digandrungi oleh remaja dan juga orang dewasa. Beberapa tahun belakangan ini wabah Korean wave memang sudah banyak memasuki Asia khususnya Indonesia. Hal tersebut menjadi alasan mengapa Restoran Mujigae ini selalu ramai didatangi pengunjung. Hampir setiap jam makan siang dan makan malam di hari weekend restoran ini selalu waiting list. Perhatian peneliti terhadap masalah ini adalah untuk melihat apakah penggunaan menu tablet layar sentuh dan kualitas pelayanan dari Restosan Mujigae ini dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Peneltian ini dilakukan di Restoran Mujigae Summarecon Mall Bekasi, Restoran ini terletak di Jl. Boulevard Ahmad Yani Blok M Sentra Summarecon Bekasi Marga Mulya, Bekasi Utara, lebih tepatnya lagi didalam Mall Summarecon Bekasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 180 responden didapat dari perhitungan jumlah indikator dikalikan dengan minimal syarat responden perindikator yaitu lima responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM-PLS dan diolah dengan bantuan software SmartPLS versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Order Information Quality, Usability, Ordering Experience, Tangible, Reliability dan Emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukan oleh nilai path coefficient yang bertambah dari nilai 0 menuju nilai tertentu dan juga nilai p value yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu, hasil ini juga didukung oleh nilai t statistic dari variabel tersebut yang lebih besar dari 1,96 (t tabel). Hal ini menujukan bahwa semakin baik variabel tersebut di manfaatkan oleh restoran maka semakin berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel lain yang juga terdapat pada penelitian ini namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel Responsiveness dan Assurance. Hal ini dibuktikan dengan nilai p value yang menunjukan angka lebih besar daripada 0,05, selain itu didukung juga dengan nilai t statistic kurang dari 1,96 (t tabel). ii Pada penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah kedepannya pihak perusahaan dapat lebih memfokuskan pelayanan terhadap Ordering Experience atau Pengalaman saat memesan. Hal ini dikarenakan variabel tersebut memiliki nilai yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, perusahaan juga dapat mempertimbangkan terkait variable Responsiveness dan Assurance agar kedepanya kedua variabel ini lebih diperhatikan dan dapat berpengaruh untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Terakhir, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel bebas yang ada pada peneltian ini lebih luas lagi yang berkaitan dengan layar sentuh dan kualitas pelayan, seperti software, koneksi internet maupun tata letak tablet layar sentuh.