Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Berbasis Online E-Ktp Di Daerah (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon)

Main Author: Istafada, Ainnur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172557/1/Ainnur%20Istafada%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172557/
Daftar Isi:
  • Prinsip-Prinsip Good Governance adalah tata pemerintahan yang baik. Good Governance menyangkut pelaksanaan kekuasaan pemerintah dalam menjalankan fungsinya secara utuh dan menyeluruh sebagai kesatuan tindakan yang teratur, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, dan administrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimanakah prinsip-prinsip Good Governance dalam penyelenggaraan pelayanan E-KTP berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon dan mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat prinsip-prinsip Good Governance dalam penyelenggaraan pelayanan E-KTP berbasis online di Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan pada penelitian ini adalah dengan pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan E-KTP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Prinsip-Prinsip Good Governancedalam pelayanan E-KTP yang sedang berjalan sudah sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan. Fokus pada penelitian ini yaitu: 1) Partisipasi, 2) Transparansi, 3) Akuntabilitas dan 4) Aturan Hukum. Beberapa faktor yang menjadi pendukung adalah, surat keputusan kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon, jemput bola, dan sarana prasarana. Sementara faktor penghambat dari prinsip-prinsip Good Governance dalam penyelenggaraan pelayanan E-KTP berbasis online adalah kesadaran masyarakat akan tertib administrasi E-KTP masih kurang dan faktor alam.