Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisata Muara Bengawan Solo, Gresik)

Main Author: Maulidi, Wildan Syahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172545/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Penelitian ini berlokasi di wisata Muara Bengawan Solo di Gresik dengan sampel sebanyak 118 pengunjung yang memutuskan berkunjung setelah menerima informasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil pеnеlitian mеnujukkan bahwa (1) hubungan variable antara eWOM dengan minat berkunjung (2) hubungan variabel antara eWOM dengan keputusan berkunjung (3) hubungan variabel antara minat berkunjung dengan keputusan berkunjung masing-masing hubungan variabel memiliki yang signifikan pоsitif. Berdasarkan Hasil penelitian ini maka disarankan kepada pihak pengelola wisata MBS untuk memberi perhatian khusus akan pentingnya peran e-WOM bagi pemasaran dan pemberian informasi.