Pengaruh Tagline k&m daa Celehriry Endorser terhradap Brutd Awwettesx dan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Program Sarjana per,gguaa smarlpftorz OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya)

Main Author: Ralrardian, M. Dhani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172541/
Daftar Isi:
  • Tagline dan Celebrity Endorser memiliki peranan yang penting dalam suatu produk, salah satunya yaitu untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk dari perusahaan tertentu. Penggunaan tagline melalui media elektronik maupun cetak sudah merupakan hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mempromosikan produknya. Beberapa perusahaan juga menggunakan celebrity endorser sebagai penyampai informasi produknya, dan celebrity endorser ini dipilih dari kalangan artis atau aktor terkenal yang wajahnya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan nasional maupun internasional. Dengan tagline dan celebrity endorser diharapkan perusahaan akan dapat meningkatkan brand awareness pada suatu produk. Brand Awareness positif dapat menentukan persepsi produk dimana konsumen akan memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli. Dalam strategi pemasaran, tagline atau slogan dan celebrity endorser sering sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mempromosikan produk-produk yang akan dilempar ke pasaran, salah satunya adalah OPPO Indonesia dengan produknya smartphone OPPO F3 Plus. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh Tagline Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik purposive sampling dan menyebarkan kuesioner off-line kepada 116 responden. Analisis deskriptif dan analisis jalur digunakan dalam penelitian untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan sebagai kesimpulan yang dapat digunakan dan menjelaskan pengaruh dari masing-masing variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tagline dan celebritiy endorser yang ada di iklan smartphone OPPO F3 Plus akan meningkatkan brand awareness yang tinggi dan secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumen lain minat untuk membeli. Temuan ini dibuktikan oleh jawaban semua responden yang menyatakan bahwa pengaruh Tagline dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness yang secara tidak langsung mempengaruhi Minat Beli. Untuk implikasi manajerial, penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap Celebrity Endorser seperti kecantikan wajah endorser, penampilan fisik endorser, kesan berkelas endorser dan daya tarik personal endorser.