Pengaruh Pengawasan, Kedisiplinan, dan Pelayanan terhadap Penerimaan Cukai (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal

Main Author: Indriyanti,, Siska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172529/1/Siska%20Indriyanti%2C%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172529/
Daftar Isi:
  • Salah satu jenis penerimaan pajak yang memberikan kontribusi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah cukai. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal adalah salah satu kantor yang ikut menyumbang penerimaan cukai. Namun penerimaan tersebut masih mengalami kendala, dimana terdapat realisasi penerimaan cukai yang tidak mencapai target dan masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna Jasa sehingga menyebabkan potensi kerugian penerimaan negara. Dengan adanya kendala tersebut, perlu adanya Pengawasan, Kedisiplinan dan Pelayanan yang ketat dan intensif yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan Penerimaan Cukai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatory. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Raden Intan No 3 Malang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 72 responden yang terdiri dari seluruh pegawai yang ada di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal pada bidang Kepabeanan dan Cukai, Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Penindakan dan Penyidikan, Kepatuhan dan Internal. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan stratified proportionated random sampling dan menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian tersebut menggunakan uji R2,uji t, dan uji F. Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa Pengawasan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 22,9% , Kedisiplinan berpengaruh pada Penerimaan Cukai sebesar 13,4%, dan Pelayanan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 63,2%. Secara bersama-sama Pengawasan, Kedisiplinan dan Pelayanan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 72,5% .