Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Kamera Digital (Survei pada Pemilik dan Pengguna Kamera Digital di Kota Malang)

Main Author: Harahap, Muhammad Fauzan Haromain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172526/1/Muhammad%20Fauzan%20Haromain%20Harahap.pdf
http://repository.ub.ac.id/172526/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian kamera digital di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Al Basya (2018) dan putri dan Iskandar (2014). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kamera digital dengan usia minimal 17 tahun yang tinggal di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden yang diambil menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis konjoin. Analisis konjoin digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan dan nilai utilitas atribut. Atribut dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk, Fitur Produk dan Gaya dan Desain Produk. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa atribut yang memiliki nilai kepentingan tertinggi dalam keputusan pembelian kamera digital adalah Fitur Produk, yang kedua adalah Kualitas Produk, dan yang terakhir adalah Gaya dan Desain Produk. Kombinasi atribut yang diinginkan responden dalam menggunakan kamera digital adalah kamera yang memiliki Ketajaman dan Warna Foto, Wireless Connection, dan Ringan. Berdasarkan analisis konjoin yang telah dilakukan, nilai korelasi Pearson dan Kendall diperoleh masing-masing sebesar 0,977 dan 0,831.