Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Determinan dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan
Main Author: | Orbaningsih, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172497/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kekuatan pemangku kepentingan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, postur strategis terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kinerja ekonomi terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan kelompok khusus yang berkepentingan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Selanjutnya, penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kompetisi pasar produk, kompetisi pasar produk terhadap nilai perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh kompetisi pasar produk. Pengujian dilakukan pada 181 perusahaan yang melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada laporan tahunan dan laporan berkelanjutan perusahaan periode 2011-2015 dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan postur strategis, kinerja ekonomi, dan kelompok khusus yang berkepentingan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kekuatan pemangku kepentingan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.Hal ini dikarenakan bunga pinjaman yang besar akan menurunkan tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Selanjutnya, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh terhadap kompetisi pasar produk; kompetisi pasar produk berpengaruh terhadap nilai perusahaan; pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh kompetisi pasar produk.