Penggunaan Golden Circle Concept pada Penulisan Copywriting terhadap Customer Experience (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan Metode True Experiment)
Main Author: | Raswhita, Aldillah Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172490/ |
Daftar Isi:
- Populer dengan konsep kepemimpinan yang berjudul Golden Circle Concept, Sinek menerangkan tiga lingkarang penting pada kepemimpinan yang dimlai dengan Why (mengapa) yang menduduki lingkaran terluar, How (bagaimana) yang ada di lingkarang tengah dan What (apa) pada lingkarang terluar. Menurut Sinek, ketika kita menjual produk dan berkomunikasi dari lingkaran dalam ke luar, Why (mengapa) adalah alasan yang kita beli, How (bagaimana) adalah cara mewujudkan Why dan What (apa) yang dijual berfungsi sebagai bentuk rasional dari keyakinan itu. Apple Inc. menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam berkomunikasi kepada target pasarnya melalui copywriting yang ada di situs Apple Inc. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh penerapan konsep Golden Circle pada penulisan copywriting dalam meningkatkan Customer Experience. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya sebagai responden penelitian eksperimen untuk menguji adanya pengaruh penerapan konsep Golden Circle pada penulisan copywriting Apple Inc pada audiens. Teknik analisis data yang digunakan adalan teknik analisis deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan konsep Golden Circle sangat penting, tetapi pada konteks penelitian kali ini tidak menunjukkan adanya pengaruh dan perubahan signifikan pada variabel customer experience. Diperlukan komponen lain selain copywriting untuk mengukur customer experience seperti kualitas produk yang ditawarkan, interaksi customer service dengan pelanggan dan bagaimana cara penyampaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Penggunaan konsep Golden Circle sangat penting untuk mengkomunikasikan Why atau mengapa atau belief atau keyakinan yang diyakini perusahaan kepada target pasar dalam membantu sales atau penjualan.