Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2014-2016)

Main Author: Rahmanisaa, Thania Padma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172482/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama dalam mendirikan sebuah perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan dan mensejahterakan pemegang saham. Jika perusahaan memiliki nilai yang tinggi maka investor akan tertarik untuk berinvestasi di perusahaan karena investor berharap mendapatkan return yang tinggi. Nilai perusahaan yang tinggi dapat dicapai dengan menyeimbangkan kondisi internal dan eksternal perusahaan melalui penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG). CSR dan GCG menyeimbangkan kepentingan eksternal dan internal yang mempengaruhi dan dipengaruhi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Indikator CSR yang digunakan adalah 78 item dari Sembiring, indikator GCG yang digunakan adalah proporsi dewan komisaris independen dan komite audit, dan indikator nilai perusahaan yang digunakan adalah Tobin’s Q. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis (explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan yaitu 28 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang bersumber dari website resmi IDX (Indonesian Stock Exchage). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan GCG berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan CSR dan GCG berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.