Pengaruh Product Quality, Price Suitability dan Promotion Intensity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada konsumen rokok Djarum Super di wilayah kota Malang)

Main Author: Pamungkas, Bayu Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172459/1/Bayu%20Putra%20Pamungkas.pdf
http://repository.ub.ac.id/172459/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi rokok tertinggi di ASEAN dengan persentase sebesar 46,16%. Fenomena tersebut membuat produsen-produsen rokok di Indonesia berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan para perokok. PT. Djarum merupakan salah satu dalam perusahan yang memproduksi rokok untuk memenuhi permintaan masyarakat, akan tetapi diduga salah satu produk rokok dari PT. Djarum yaitu produk Djarum Super memiliki ciri khas rasa dan aroma tersendiri. Selain itu harga dari produk tersebut yang relatif tinggi dibandingkan produk lain di kelasnya dan juga perlunya memaksimalkan intensitas promosi dari produk Djarum Super agar jumlah konsumen yang memutuskan melakukan pembelian mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bahwa: (1) Product Quality secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (2) Price Suitability secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (3) Promotion Intensity secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super; (4) Product Quality, Price Suitability, dan Promotion Intensity secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk rokok Djarum Super. Analisi data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisi regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 20.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Product Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (2) Price Suitability memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (3) Promotion Intensity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (4) Product Quality, Price Suitability, dan Promotion Intensity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.