Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pengunjung Kampung Tridi (Tiga Dimensi) Malang

Main Author: Ayuningtyas, Athika Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172430/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Citra Destinasi (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Destinasi terhadap Proses Keputusan Berkunjung (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Proses Keputusan Berkunjung (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Proses Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Terpaan Media Sosial Instagram, Citra Destinasi, dan Proses Keputusan Berkunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung domestik Kampung Tridi Malang dengan usia minimal 18 tahun, memiliki akun Instagram dan menggunakannya, serta pernah melihat unggahan foto Kampung Tridi di Instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode survei menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 21. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Citra Destinasi (Z), Citra Destinasi (Z) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y), Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y), dan Terpaan Media Sosial Instagram (X) berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung (Y) dengan Citra Destinasi (Z) sebagai Variabel Mediasi.