Analisis Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Malang
Main Author: | Shalihah, Nira Indriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172358/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan perusahaan milik daerah yang menyediakan jasa dalam memenuhi kebutuhan air bersih di daerah perkotaan. Di Kota Malang, kebutuhan air bersih PDAM dikelola oleh PDAM Tirta Dharma. Namun, masih banyak keluhan pelanggan terhadap aliran air pada sambungan rumah yang tidak mengalir atau hanya mengalir pada jam-jam tertentu, keluhan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak PDAM Kota Malang dalam melayani pendaftaran pelanggan baru maupun keluhan pelanggan terhadap kinerja PDAM Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap tingkat pelayanan distribusi air bersih, menganalisis kinerja jaringan, kinerja pelayanan PDAM Kota Malang serta sebagai bahan masukan kepada pihak PDAM Kota Malang. Peneliti melakukan penelitian pada Wilayah Proyek DMA 1E-Bangkon yang meliputi Kelurahan Tunggulwulung, Kelurahan Tasikmadu dan Kelurahan Mojolangu dengan total pelanggan sebanyak 549 pelanggan dan diambil sampel sebanyak 85 pelanggan. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis data kuisoner terhadap 85pelanggan. Hasil uji realibilitas terhadap kuisioner dengan nilai r table signifikan 5% diperoleh sebesar 0,213 dan nilai Cronbach’s Alpha 0,602 maka uji realibilitas dinyatakan reliabel. Hasil uji validitas dinyatakan valid dengan nilai r hitung 0,58 > r table 0,213. Analisis dengan metode IPA menghasilkan kuadran yang terbagi atas empat bagian dengan dibatasi oleh dua garis berpotongan dengan nilai sumbu X diperoleh 4,06 berdasarkan rata-rata skor tingkat kepuasan dan sumbu Y 3,96 berdasarkan rata-rata skor tingkat kepentingan. Peneliti melakukan pengambilan sampel air untuk dilakukan perbandingan kualitas air yang dikonsumsi pelanggan apakah sudah sesuai dengan air yang diproduksi oleh PDAM Kota Malang. Hasil penilaian pelanggan terhadap tingkat pelayanan sistem distribusi air bersih PDAM Kota Malang yang ada saat ini, berdasarkan faktor pendukung kepuasan meliputi kepuasan terhadap kualitas air, aliran air, kondisi meteran air, jangka waktu pelayanan, penanganan keluhan dan kecepatan dalam penanganan masalah di lapangan mendapatkan hasil bahwa pelanggan puas dengan prosentase rata-rata sebesar 34,72%. Hasil analisis hidrolika pada wilayah penelitian diperoleh nilai total head loss pada wilayah Tunggulwulung dengan Q = 21,81 l/dt, V = 0,661 m/dt sebesar 22,822 m dengan sisa tekanan 45,178 m. sedangkan pada wilayah Tasikmadu terbagi menjadi Tasikmadu 1 dengan Q = 5,99 l/dt, V = 0,122 m/dt total head loss sebesar 3,88046 m dengan sisa tekanan 56,298 m dan Tasikmadu 2 Q = 6,81 l/dt, V = 0,139 m/dt, total head loss sebesar 4,58059 m dengan sisa tekanan 57,598 m. Pada wilayah Mojolangu Q = 6,25 l/dt, V = 0,127 m/dt head loss total sebesar 6,16 dengan sisa tekanan 85,84 m. Hasil perhitungan kecepatan pada wilayah Tasikmadu 1, Tasikmadu 2 dan Mojolangu belum memenuhi standar minimum kecepatan sebesar 0,5 m/dt dan dapat berpengaruh terhadap aliran air pada sambungan rumah pelanggan. Berdasarkan data tahun 2016-2017, prosentase keandalan 70% dengan prosentase kejadian gagal atau kurang dalam memenuhi kebutuhan air pelanggan sebesar 30%.