Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Zoya Fashion Dan Hijab)
Main Author: | Restanti, Fenny Arti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172353/1/FENNY%20ARTI%20RESTANTI%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172353/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli, (2) menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian, (3) menjelaskan pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli, (4) menjelaskan pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, (5) menjelaskan pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah konsumen berusia minimal 17 tahun, pernah melakukan pembelian produk Zoya, merupakan pengikut akun resmi Instagram Zoya Fashion dan Hijab dan mengetahui salah satu bintang iklan produk Zoya Fashion dan Hijab. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online kepada 138 orang responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorser ( ) berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli ( ), Celebrity Endorser ( ) tidak berpengaruh secara langsung terhadap Keputusan Pembelian ( ), Electronic Word of Mouth ( ) berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli ( ), Electronic Word of Mouth ( ) tidak berpengaruh secara langsung terhadap Keputusan Pembelian ( ) dan Minat Beli ( ) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian ( ). Berdasarkan hasil penelitian, dalam penggunaan Celebrity Endorser sebaiknya mempertimbangkan kesesuaian antara jenis produk yang ditawarkan dan Celebrity Endorser yang sesuai dengan syariat agama sehingga pesan produk dapat tersampaikan dengan baik dan Zoya dapat selalu aktif dalam berinteraksi dengan follower akun resmi Instagram Zoya Fashion dan Hijab.