Inovasi Mobiling (Mobil Layanan Keliling) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu)
Main Author: | Maulana, Ardy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172352/1/ARDY%20MAULANA%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172352/ |
Daftar Isi:
- Mobiling (Mobil layanan keliling) merupakan inovasi pelayanan publik untuk memberikan layanan administrative berupa (KTP, KK, Akta kelahiran, dan kematian) yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus yang diambil dari teori inovasi terusan dari segi proses inovasi dari Muluk. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan Metode SERVQUAL, oleh Zeithhaml dan Parasuraman kualitas layanan Inovasi Mobiling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu dapat dilihat dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu: (1) Dengan adanya fasilitas mobil yang dilengkapi dengan teknologi yang menunjang dalam kepengurusan dokumen kependudukan yang digunakan untuk mobiling sangat mempermudah petugas untuk mengunjungi masyarakat di setiap Kecamatan/Desa dalam melayani masyarakat Kota Batu. (2) Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu dalam aspek reliability (kehandalan) mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat, handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan. (3) Pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara petugas dan pengunjung yang saling berkomunikasi. (4) Keamanan dalam layanan Inovasi Mobiling menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat yaitu dengan jaminan masyarakat tidak khawatir terhadap dokumen yang telah dikumpulkan tertukar dengan warga lain. (5) Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Hal itu dapat terlihat dari sikap petugas yang menerangkan dengan sejelas-jelasnya mengenai prosedur pelayanan dan menerima kritik maupun saran dengan sepenuh hati sebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.