Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Angkatan 2012/2013, 2013/2014, 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pengguna Smartphone Iphone)
Main Author: | Ari, Intan Sulistiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172231/1/INTAN%20SULISTIYO%20ARI%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172231/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri smartphone yang semakin ketat. Banyaknya merek smartphone yang muncul menawarkan berbagai pilihan bagi konsumen. Secara khusus, penelitian ini mengulas kategori produk smartphone merek iPhone milik Apple yang telah menjadi market leader sejak merilis iPhone pertamanya pada Tahun 2007. Keberhasilan iPhone menguasai pasar smartphone terus bertahan hingga dewasa ini. Brand value Apple pun yang termahal dibanding vendor smartphone yang lain. Penelitian ini secara khusus menguji pengaruh empat elemen ekuitas merek model Aeker yang terdiri dari loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanantory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap 116 orang konsumen iPhone di wilayah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang diperoleh dengan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Adapun tahapan pengujiannya adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi ganda, pengujian hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung > F tabel = 51,942 > 2,45. Secara parsial, loyalitas merek, kesadaran merek, dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai masing-masing t hitung > t tabel = 9,088 > 1,659, t hitung > t tabel = 2,551 > 1,659, t hitung > t tabel = 2,176 > 1,659. Sedangkan asosiasi merek berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadapan keputusan pembelian dengan nilai t hitung < t tabel = -0,100 < 1,659. Uji R2 menunjukkan pengaruh keempat variabel dependpen terhadap variabel dependen sebesar 64,1%, sedangkan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.