Efektivitas Pelayanan Satu Pintu Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk)
Main Author: | Maulida, Roziana Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172224/1/Roziana%20Ayu%20Maulida.pdf http://repository.ub.ac.id/172224/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan publik yang diberikan pemerintah seperti PTSP diharapkan dapat berjalan efektif sehingga masyarakat dapat langsung mendapat dampaknya. Secara umum konsep efektivitas merupakan konsep untuk mengukur produktivitas, menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan. Pelayanan ini ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan sistem Online Single Submission (OSS). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efektivitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dan seberapa besar pengaruh efektivitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan metode pengumpulan data dan uji regresi linier sederhana untuk menguji efektivitas pelayanan satu pintu dan kepuasan masyarakat. Total responden adalah 24 responden sebagai pengguna pelayanan publik PTSP baik secara offline maupun online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk. Uji instrumen penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deksriptif dengan menguji variabel efektivitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Temuan menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Satu Pintu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk relatif tinggi atau baik. Berdasarkan uji regresi linier dan uji instrumen efektivitas memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Penelitian ini megharapkan agar DPMPTSP memberikan sosialisasi terkait Online Sinlge Submission (OSS) secara rutin 3 bulan sekali.