Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Restoran Behavioral Intention (Survei pada Tamu Fendi’s Guest House Kota Malang
Main Author: | Karimah TH, Dania Sufi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172218/1/Dania%20Sufi%20Karimah%20TH.pdf http://repository.ub.ac.id/172218/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen; (2) Mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap behavioral intention; (3) Mengetahui pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap behavioral intention; (4) Mengetahui pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap behavioral intention melalui kepuasan konsumen sebagai variabel interverning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan behavioral intention. Pengambilan data diperoleh dari penyebaran kuesioner pada 118 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tamu menginap di Fendi’s Guest House dan berumur minimal 20 tahun keatas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan juga dibuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen terhadap behavioral intention. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung antara variabel kualitas pelayanan dan behavioral intention memiliki pengaruh yang lebih besar daripada pengaruh langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan sebaiknya perusahaan terus meningkatkan kualitas pelayanannya dengan berorientasi pada kepuasan konsumen sehingga tercipta favorable behavioral intention.